Pengaruh tayangan iklan terhadap citra merek pada motor bajaj (studi pada klub bikers of bajaj Malang) / Andung Wahyu Sasongko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tayangan iklan terhadap citra merek pada motor bajaj (studi pada klub bikers of bajaj Malang) / Andung Wahyu Sasongko

Sasongko, Andung Wahyu (2011) Pengaruh tayangan iklan terhadap citra merek pada motor bajaj (studi pada klub bikers of bajaj Malang) / Andung Wahyu Sasongko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Iklan Citra Merek Dalam mengembangkan bisnis produsen berusaha untuk menguasai pasar dan memenangkan persaingan. Hal ini terjadi pada berbagai sektor bisnis termasuk bisnis otomotif khususnya kendaraan roda dua/motor. Dimana saat ini banyak bermunculan motor-motor dengan berbagai merek. Tiap produsen berusaha menonjolkan keunggulan masing-masing dan menciptakan strategi pemasaran yang sesuai. Hal ini bisa dilakukan dengan periklanan. Periklanan adalah merupakan salah satu kegiatan untuk menyampaikan informasi atau pesan tentang motor kepada konsumen yang perlu memperhatikan isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tayangan iklan terhadap citra merek pada motor bajaj baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yaitu pengaruh penayangan iklan terhadap citra merek pada motor bajaj. Populasi yang diambil adalah anggota klub bikers of bajaj malang yang beranggotakan 70 orang.. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsionate random sampling dengan sampel sebanyak 70 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 70 responden. Data diperoleh melalui responden menggunakan kuesioner/angket tertutup dan diukur menggunakan skala Likert 1-5. Sedangkan analisis data menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh periklanan yang meliputi isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan terhadap citra merek baik secara parsial maupun simultan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh signifikan isi pesan sebesar 52 5% terhadap citra merek pada motor bajaj. (2) Terdapat pengeruh signifikan struktur pesan sebesar 24 1% terhadap citra merek pada motor bajaj. (3) Terdapat pengaruh signifikan format pesan sebesar 29% terhadap citra merek pada motor bajaj. (4) Terdapat pengeru signifikan sumber pesan sebesar 22 8% terhadap citra merek pada motor bajaj. (5) Terdapat pengaruh signifikan dari isi pesan struktur pesan format pesan sumber pesan secara simultan sebesar 72 3% terhadap citra merek pada motor Bajaj. Selanjutnya saran-saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) Bagi Bajaj auto Indonesia (BAI) yang merupakan produsen motor Bajaj dalam beriklan hendaknya lebih memperhatikan isi pesan. Isi pesan harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian konsumen. (2) Saran untuk penelitian selanjutnya adalah lebih membahas tentang tayangan iklan guna meningkatkan citra merek pada motor Bajaj sehingga masyarakat lebih mengenal tentang motor Bajaj.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31026

Actions (login required)

View Item View Item