Pengaruh iklan televisi terhadap ekuitas merek body spray Axe Dark Temptation (studi kasus pada mahasiswa Universita Negeri Malang) / Nur Fahriza Wahyu Priambodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklan televisi terhadap ekuitas merek body spray Axe Dark Temptation (studi kasus pada mahasiswa Universita Negeri Malang) / Nur Fahriza Wahyu Priambodo

Priambodo, Nur Fahriza Wahyu (2011) Pengaruh iklan televisi terhadap ekuitas merek body spray Axe Dark Temptation (studi kasus pada mahasiswa Universita Negeri Malang) / Nur Fahriza Wahyu Priambodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Iklan Televisi Isi Pesan Struktur Pesan Format Pesan Sumber Pesan Ekuitas Merek. Hingga saat ini di Indonesia komunikasi pemasaran yang menggunakan iklan dengan media televisi masih dianggap sebagai cara paling efektif untuk mempresentasikan unsur-unsur pemasaran karena pola masyarakatnya brand minded. Axe sebagai salah satu merek body spray yang diproduksi Unilever juga menggunakan iklan dengan media televisi harapannya adalah memperoleh tanggapan positif dari konsumen ketika mengkomunikasikan jenis produk terbarunya yang diberi nama Axe Dark Temptation. Salah satu bentuk tanggapannya berupa ekuitas merek yang dilekatkan konsumen pada suatu produk berdasarkan kesadaran merek dan citra merek yang ada dalam benak konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan gambaran persepsi iklan televisi dan ekuitas merek body spray Axe Dark Temptation pada mahasiswa Universitas Negeri Malang pengaruh persepsi iklan televisi terhadap ekuitas merek body spray Axe Dark Temptation secara parsial dan simultan pada mahasiswa Universitas Negeri Malang serta komponen iklan televisi (isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan) yang berpengaruh secara dominan terhadap ekuitas merek. Variabel bebas penelitian ini adalah Iklan Televisi (X1) Isi Pesan (X2) Struktur Pesan (X3) Format Pesan dan (X4) Sumber Pesan sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah Ekuitas Merek. Penelitian ini dilakukan selama bulan Mei Juli 2010 dengan metode accidental sampling. Penentuan sampel menggunankan wawancara terhadap 100 mahasiswa selanjutnya hasil tersebut dihitung menggunakan rumus Daniel dan Terrel sehingga diperoleh sampel 113 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan program SPSS for windows seri 17.0. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Isi pesan struktur pesan format pesan sumber pesan dan ekuitas merek Axe Dark Temptation dalam kategori cukup baik. (2) Iklan televisi (isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan) berpengaruh positif dan seginifikan secara parsial maupun simultan terhadap ekuitas merek body spray Axe Dark Temptation. (3) Komponen iklan televisi yang dominan secara tidak langsung dan signifikan terhadap ekuitas merek body spray Axe Dark Temptation adalah sumber pesan. Saran yang dapat ditujukan pada produsen body spray Axe Dark Temptation berdasar dari hasil penelitian ini yaitu sumber pesan dalam iklan body srpay Axe yang selanjutnya agar manggunakan pemeran yang lebih populer sehingga iklan tersebut semakin layak untuk dipercaya serta format pesan agar diperbaiki sehingga dapat tercipta iklan yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31019

Actions (login required)

View Item View Item