Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan kerja karyawan dengan mediasi budaya organisasi (studi pada Asuransi Jiw Bersama Bumiputera Malang) / Zaenal Mustofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan kerja karyawan dengan mediasi budaya organisasi (studi pada Asuransi Jiw Bersama Bumiputera Malang) / Zaenal Mustofa

Mustofa, Zaenal (2011) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap kepuasan kerja karyawan dengan mediasi budaya organisasi (studi pada Asuransi Jiw Bersama Bumiputera Malang) / Zaenal Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kepemimpinan Transformasional Kepemimpinan Transaksional Kepuasan Kerja Budaya Organisasi Gaya kepeimimpinan merupakan salah satu determinan terpenting dari kesuksesan suatu organisasi. Peran pemimpin dalam mengelola sumberdaya yang ada terutama SDM akan menunjukkan progress ataupun kemunduran dari organisasi tersebut. Kemampuan untuk mengantipasi segala tantangan dan ancaman serta kecakapan untuk mengambil peluang-peluang yang ada mutlak diperlukan. Di dalam praktek kepemimpinan seringkali diperlukan pengembangan atau bahkan perubahan budaya organisasi agar organisasi tersebut sanggup menghadapi setiap perubahan dan kemajuan dunia usaha. Namun demikian pemimpin perlu selalu memperhatikan kepuasan kerja karyawan mengingat hal tersebut akan berefek pada sikap karyawan terhadap pekerjaannya. Semakin tinggi kepuasan kerja karyawan semakin besar pula kontribusinya bagi organisasinya dan se-makin render kepuasan kerja karyawan kontribusi bagi organisasi tentunya semakin kecil pula. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional (X1) dan Gaya Kepemimpinan Transaksional (X2) terhadap kepuasan kerja karyawan (Y) secara langsung dan tidak langsung melalui budaya organisasi (Z). Penelitian ini dilakukakan pada perusahaan AJB Bumiputera Malang dengan mengambil populasi sebanyak 85 karyawan dengan menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling yang dihitung dengan menggunakan tabel yang dikembangkan Isaac Michael (Sugiyono 2008 126) sehingga dieperoleh 75 responden pada kelonggaran ketidaktelitian sebesar 1%. Penelitian ini bersifat kausalitatif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows 16.0 (untuk pengolahan data) dan ana-lisis jalur (path analysis). Hasil dari Penelitian ini adalah (1) Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh langsung yang signifikan terhadap Budaya Organisasi dengan nilai 946 0 483 dan nilai sig t 0 000 (2) Gaya Kepemimpinan Transaksional berpengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai 946 0 364 dan nilai sig t 0 002 (3) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh langsung yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dengan nilai 946 0 057 dan nilai sig t 0 000 (4) Kepemimpinan Transaksional berpengaruh langsung yang signifikan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dengan nilai 946 0 059 dan nilai sig t 0 000 (5) Budaya organisasi berpengaruh langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan 946 0 908 dan nilai sig t 0 000 (6) Kepemimpinan transformasional berpengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan melalui budaya organisasi 946 0 496 artinya budaya organisasi memperkuat pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja karyawan (7) Kepemimpinan transaksional berpengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan melalui budaya organisai 946 0 390 artinya budaya organisasi memperkuat pengaruh kepemimpinan transaksional terhadap kepuasan kerja karyawan. Saran yang dapat diberikan terkait temuan yang diperoleh adalah pemimpin lebih meningkatkan kedekatan dengan karyawan agar dapat lebih mengetahui keinginan dan kebutuhan karena hal itu menyangkut kepuasan kerja karya-wan. Pemimpin juga perlu memperhatikan persepsi karyawan terhadap budaya organisasi sehingga dapat diketahui bagaimana penilaian mereka dan sejauh mana mereka menggunakannya sebagai rujukan dalam bertindak dan mencari solusi dari suatu permasalahan. Jika ada sebagian dari budaya yang tidak disukai oleh banyak karyawan dan ternyata memang layak diubah pemimpin hendaknya membuat kebijakan untuk mengubahnya agar kepuasan kerja karyawan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31000

Actions (login required)

View Item View Item