Pengembangan Multimedia pembelajaran interaktif materi menggunakan mesin bubut untuk operasi dasar pada program studi teknik mesin jurusan teknik pemesinan kelas 10 Semester 1 di SMKN 1 Glagah Banyuwangi / Andreas Setiaji Prawira - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Multimedia pembelajaran interaktif materi menggunakan mesin bubut untuk operasi dasar pada program studi teknik mesin jurusan teknik pemesinan kelas 10 Semester 1 di SMKN 1 Glagah Banyuwangi / Andreas Setiaji Prawira

Prawira, Andreas Setiaji (2012) Pengembangan Multimedia pembelajaran interaktif materi menggunakan mesin bubut untuk operasi dasar pada program studi teknik mesin jurusan teknik pemesinan kelas 10 Semester 1 di SMKN 1 Glagah Banyuwangi / Andreas Setiaji Prawira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Menggunakan Mesin Bubut Untuk Operasi Dasar Kelas 10 SMK Pembelajaran mesin bubut adalah pelajaran wajib yang diajarkan pada jurusan teknik mesin di SMK. Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran mesin bubut di SMK adalah berkaitan dengan waktu praktek dan teori serta perbandingan jumlah mesin yang dimiliki sekolah dengan jumlah siswa. Karena mesin bubut adalah mesin yang berukuran besar dan sangat mahal sehingga masih sedikit sekolah yang mampu memenuhi jumlah mesin yang sesuai dengan jumlah siswa yang belajar disana. Hal ini juga berdampak dengan pengaturan waktu pembelajaran yang ada di sekolah tersebut agar siswa dapat mempelajari mesin bubut secara optimal. Mesin bubut tergolong mesin berat yang bisa membahayakan penggunanya apabila tidak dioperasikan secara benar. Media pembelajaran berbasis komputer ini berbentuk multimedia yaitu penggabungan berbagai media (teks suara gambar animasi dan video) dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sebagai alat penyampai pesan. Multimedia pembelajaran tersebut berisi materi yang disampaikan sebagai tahap persiapan sebelum siswa melakukan praktek kerja yang sesungguhnya. Oleh karena itu materi dibuat dalam bentuk video sehingga dapat memberikan tampilan yang benar-benar nyata mengenai mesin bubut bagaimana bentuknya serta apa saja bagian-bagian yang ada pada mesin bubut itu sendiri dan cara-cara pengoperasiannya. Penggunaan multimedia pembelajaran ini menjadi sarana pembantu guru dalam memberikan gambaran nyata mengenai mesin bubut ketika pelajaran teori dan siswapun dapat melakukan pembelajaran sendiri di rumah sehingga tidak lagi bergantung pada saat melakukan praktek di sekolah untuk dapat belajar dan mendapat gambaran nyata mengenai mesin bubut dan bagaimana cara mengoperasikannya. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran mesin bubut bagi siswa dan guru berbentuk multimedia pembelajaran yang layak dan didalamnya berisi video tutorial sebagai penyampai materi utama untuk memberikan tampilan yang benar-benar nyata tentang mesin bubut pada mata pelajaran Kompetensi Kejuruan dengan materi Menggunakan Mesin Untuk Operasi Dasar pada mesin bubut di SMKN 1 Glagah Banyuwangi dan dilengkapi petunjuk pemanfaatan. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan multimedia ini diadaptasi dari model Sadiman (2008). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penyusunan naskah/storyboard (6) produksi (7) tes/ ujicoba (8) revisi (9) Produk siap dimanfaatkan Hasil pengembangan multimedia pembelajaran ini memenuhi kriteria valid yang meliputi ahli media 93 75% valid ahli materi 93 1% valid siswa perseorangan 90% valid uji coba kelompok kecil 88 5 valid uji coba lapangan 84 2% valid. Untuk hasil belajar sebelum dengan setelah menggunakan multimedia data tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa yang memenuhi SKM sebanyak 66 67% pada uji coba perseorangan 60% pada uji coba kelompok kecil dan55 16% pada uji coba lapangan. Saran ditujukan bagi siswa diharapkan menggunakan media sesuai petunjuk pemanfaatan yang ada dan juga lebih banyak menggunakan berbagai jenis media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat motivasi belajar serta hasil belajar siswa. Selanjutnya saran bagi guru diharapkan mempelajari cara penggunaan pemanfaatan multimedia sehingga dalam pelaksanaanya guru lebih siap dan menguasai penggunaan multimedia. Dan diharapkan pula lebih sering menggunakan variasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan multimedia pembelajaran sehingga mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Dan bagi pengembang selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan multimedia ini sampai tahap simulasi dengan memasukkan sejumlah animasi sehingga pembelajaran dapat mendekati nyata. Karena mengingat pembelajaran ini tidak hanya ditekankan pada teori saja namun juga praktek kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item