Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Mio (Studi pada konsumen sepeda motor Yamaha MIO di Perumnas Sawojajar I Malang, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang) / Revi Qadarriefiana Faradilla - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Mio (Studi pada konsumen sepeda motor Yamaha MIO di Perumnas Sawojajar I Malang, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang) / Revi Qadarriefiana Faradilla

Faradilla, Revi Qadarriefiana (2011) Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Yamaha Mio (Studi pada konsumen sepeda motor Yamaha MIO di Perumnas Sawojajar I Malang, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang) / Revi Qadarriefiana Faradilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Faktor Psikologis Keputusan Pembelian Dalam mengembangkan bisnis produsen berusaha untuk menguasai pasar dan memenangkan persaingan. Hal ini terjadi pada berbagai sektor bisnis termasuk bisnis kendaraan bermotor khususnya Sepeda Motor Yamaha MIO. Dimana saat ini banyak bermunculan sepeda motor dengan berbagai merek type dan model sepeda motor. Tiap produsen berusaha menonjolkan keunggulan masing-masing dan menciptakan strategi pemasaran yang sesuai. Untuk menentukan pilihan biasanya konsumen akan membuat suatu keputusan pembelian dimana keputusan yang sering diambil adalah keputusan tentang jenis produk yang akan dibeli merek apa yang akan dibeli berapa harganya serta bagaimana kualitasnya. Dengan mempelajari faktor psikologis konsumen produsen dapat mengetahui cara pandang konsumen dan sifat konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Faktor psikologis adalah salah satu faktor yang timbul dari dalam diri konsumen yang sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Faktor psikologis konsumen dalam mengambil keputusan pembelian terdiri dari motivasi persepsi pengetahuan serta sikap dan keyakinan dalam kaitannya dengan pembelian suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha MIO pada masyarakat Perumnas Sawojajar-Malang baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) sehingga dengan demikian tujuan penelitian dan hipotesis yang diajukan akan dapat dicapai. Populasi yang diambil adalah masyarakat Perumnas Sawojajar-Malang yang terdiri dari 1559 warga yang memiliki Sepeda Motor Yamaha MIO. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling diperoleh sampel sejumlah 94 responden. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitias dengan sampel uji coba sebanyak 30 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi observasi/pengamatan dan wawancara. Data responden melalui kuesioner/angket tertutup diukur menggunakan skala Likert dengan skala lima. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari motivasi persepsi pengetahuan serta sikap dan keyakinan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha MIO baik secara parsial maupun simultan serta dilakukan uji asumsi klasik dan hasil dari analisis data responden diolah menggunakan SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Motivasi mempunyai nilai t hitung 7 145 t tabel 1 987 atau signifikan t 0 000 signifikansi Alpha ( 945 0 05) nilai koefisien regresi motivasi 0 278 sehingga pada peluang kesalahan 10% motivasi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha MIO (2) Persepsi mempunyai nilai t hitung 7 231 t tabel 1 987 atau signifikan t 0 000 signifikansi Alpha ( 945 0 05) nilai koefisien regresi persepsi 0 545 sehingga pada peluang kesalahan 10% persepsi mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha MIO (3) Pengetahuan mempunyai t hitung 3 402 t tabel 1 987 atau signifikan t 0 000 signifikansi Alpha ( 945 0 05) nilai koefisien regresi pengetahuan 0 280 sehingga pada peluang kesalahan 10% pengetahuan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha MIO (4) Sikap dan Keyakinan mempunyai t hitung 0 089 signifikansi Alpha ( 945 0 05) nilai koefisien regresi sikap dan keyakinan 0 005 sehingga pada peluang kesalahan 10% sikap dan keyakinan mempunyai pengaruh pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Yamaha MIO. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan pada perusahaan untuklebih memperhatikan faktor psikologis konsumen. Salah satu caranya yaitu denganmemberikan informasi produk yang cukup jelas dan dapat dimengerti konsumen memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para konsumennya agar konsumenselalu mengingat produk sepeda motor Yamaha dan melakukan pembelian didealer-dealer Yamaha memberikan hadiah atau discount atau potongan harga yang cukupmenarik minat konsumen untuk melakukan pembelian Sepeda motor Yamaha MIOserta memberikan kemudahan bagi konsumen dengan tersebarnya dealer-dealer Yamaha yang tersebar di kota sampai di pelosok desa yang memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian Sepeda Motor Yamaha MIO dan lain-lain yang lebih baik lagi karena faktor psikologis merupakan salah satu alat untuk mengenal lebih dekat sifat selera dan cara pandang konsumen terhadap suatu produk sehingga dapat menimbulkan daya beli yang tinggi. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian terhadap variabel-variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian karena terdapat beberapa aspek yang belum tercakup dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30997

Actions (login required)

View Item View Item