Pengaruh modal kerja, rasio likuiditas dan rasio aktivitas terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan real estate dan property yang listing di BEI periode 2007-2009 / Athiah Aditya

Aditya, Athiah (2011) Pengaruh modal kerja, rasio likuiditas dan rasio aktivitas terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan real estate dan property yang listing di BEI periode 2007-2009 / Athiah Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Modal Kerja, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rentabilitas Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Modal Kerja, Current Ratio, Quick Ratio, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan dan Rentabilitas Ekonomi pada perusahaan Real Estate dan Property yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2009. Serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Modal Kerja, Current Ratio, Quick Ratio, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan terhadap Rentabilitas Ekonomi pada perusahaan Real Estate dan Property yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2009. Dalam penelitian ini menggunakan Perusahaan Real Estate dan Property yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2009 sebagai populasi. Selain mengalami perkembangan yang pesat sepanjang tahun, perusahaan Real Estate dan Property merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap perekonomian. Dari 53 populasi perusahaan, diambil sampel sebanyak 14 perusahaan berdasarkan teknik pusposive sampling. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menjelaskan selama periode 2007-2009 kondisi masing- masing variabel adalah (1) Modal Kerja cenderung fluktuatif dengan tren meningkat secara sangat elastis, (2) Current Ratio dan Perputaran Persediaan cenderung menurun dengan tren menurun secara sangat elastis, (3) Quick Ratio cenderung fluktuatif dengan tren stagnan mendekati elastis sempurna, (4) Perputaran Piutang dan Rentabilitas Ekonomi cenderung naik dengan tren naik secara elastis uniter. Sedangkan dari hasil pengujian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa variabel Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi. Sedangkan variabel Modal Kerja, Current Ratio, Quick Ratio dan Perputaran Persediaan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Rentabilitas Ekonomi. Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah (1) bagi perusahaan, sebaiknya memperhatikan kondisi perputaran piutang dengan membuat kebijakan mengenai penjualan kredit yang dapat meningkatkan penjualan, (2) bagi investor, harus lebih selektif dalam berinvestasi dengan melihat kondisi rasio keuangan perusahaan, (3) bagi kalangan akademis, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan referensi, (4) bagi peneliti selanjutnya, agar menambah besar variabel dan sampel sehingga dapat memperoleh hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30995

Actions (login required)

View Item View Item