Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang) / Yuanita Yanuar Rachmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang) / Yuanita Yanuar Rachmad

Rachmad, Yuanita Yanuar (2011) Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang) / Yuanita Yanuar Rachmad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci marketing mix loyalitas pelangggan Pemasaran adalah inti/pokok dari sebuah organisasi bisnis yang tidak dapat dipisahkan dari suatu keberhasilan usaha karena pada dasarnya melalui pemasaran akan tercipta suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan penukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain strategi bauran pemasaran atau marketing mix dibagi menjadi dua golongan yakni untuk barang dan jasa. Untuk barang biasa kita sebut dengan 4P yaitu produk (product) harga (price) distribusi (place) dan promosi (promotion) sedangkan untuk jasa dari 4P tersebut ditambah dengan 3P yakni orang (people) proses (process) dan bukti fisik (physical evidance). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix (produk harga promosi tempat orang proses dan bukti fisik) secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang) dan variabel-variadimensi-dimensi marketing mix (produk harga promosi tempat orang proses dan bukti fisik) yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research untuk mengkaji pengaruh variabel bebas marketing mix (x) terhadap variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan (y). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik subjek telah mengikuti program asuransi jiwa pada PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang paling sedikit selama 2 tahun. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi berganda uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas uji heteroskedastisitas uji autokorelasi uji normalitas serta pengujian hipotesis yang meliputi uji F dan uji t. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dimensi-dimensi variabel bebas yang terdiri dari produk harga tempat promosi orang proses dan bukti fisik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung 61 662 dan nilai signifikan sebesar 0 00. nilai Adjusted R Square sebesar 0 809 memiliki arti bahwa 79 6% Loyalitas Pelanggan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang (Y) dapat dijelaskan secara simultan oleh variabel produk (X1) harga (X2) tempat (X3) promosi (X4) orang (X5) proses (X6) dan bukti fisik (X7). Sisanya sebesar 21 4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini dan dari ketujuh variabel bebas tersebut yang memiliki pengaruh sangat dominan adalah sub variabel orang (process)/(X6) yang ditunjukkan oleh nilai Beta ( ) sebasar 0 273. Saran penulis adalah (1) Proses pelayanan pelanggan yang diberikan karyawan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang harus lebih diperbaiki oleh perusahaan melaui berbagai cara diantaranya menggunakan analisis keluhan pelanggan (customer care) melakukan perbandingan kualitas antara PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang dengan pesaing (ghost shooping analysis) atau mencari informasi mengenai pelanggan yang mulai meninggalkan produk PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang (lost customer analysis) (2) PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya Distrik Malang harus mampu memberikan penyuluhan pelatihan kerja kepada karyawan mengenai sikap pelayanan yang baik dan cara menyampaikan informasi yang baik pula kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30988

Actions (login required)

View Item View Item