Pengaruh persepsi konsumen pada brand image terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 (studi pada mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ardissa Majiid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi konsumen pada brand image terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 (studi pada mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ardissa Majiid

Majiid, Ardissa (2011) Pengaruh persepsi konsumen pada brand image terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 (studi pada mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ardissa Majiid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Brand Image keputusan pembelian. Citra suatu merek selalu berhubungan dengan sikap. Sikap positif konsumen terhadap sebuah merek mengarahkannya untuk membeli merek dan produk tersebut. Analisis citra merek dapat memberikan masukan mengenai alasan konsumen memilih suatu merek. Dalam hal ini sikap biasanya memainkan peranan utama dalam membentuk perilaku. Asosiasi merek merupakan atribut yang ada di dalam merek itu dan akan lebih besar apabila pelanggan mempunyai banyak pengalaman berhubungan dengan merek tersebut. Dukungan asosisi merek merupakan respon terhadap sebuah merek akan atribut manfaat serta keyakinan dari sebuah produk atas penilaian konsumen terhadap produk tersebut. Kekuatan asosiasi merek ditunjukkan dengan produk tersebut mempunyai reputasi yang baik dimata konsumen produk tersebut dirasa memiliki ekspresi diri dan menambah rasa percaya diri bagi konsumen. Jika sebuah produk memiliki khas yang membedakannya dari produk lain maka produk tersebut akan diingat oleh konsumen. Ingatan konsumen akan semakin kuat lagi setelah konsumen merasakan manfaat dari sebuah produk dan merasa bahwa merek lain tidak akan bisa memuaskan keinginan konsumen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel Brand Image yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini mempuyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) adalah Brand Image dan variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian. Variabel bebas (X) terdiri dari jenis-jenis asosiasi merek (X1) dukungan asosiasi merek (X2) kekuatan asosiais merek (X3) dan keunikan asosiasi merek (X4) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptive and explanatory research. Populasi yang dipilih adalah mahasiswa S1 Akuntansi yang menggunakan kartu seluler IM3 dengan sampel sebanyak 177 mahasiswa. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode simple accidental dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression). Hasil dari analisis yang didapat melalui penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara jenis-jenis asosiasi merek dukungan asosiasi merek kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merek secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kartu seluler IM3 (2) Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah keunikan asosiasi merek. Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) hendaknya perusahaan dari kartu seluler IM3 memperluas segmen pasar (2) konsumen sebelum membeli sebaiknya mencari informasi mengenai kualitas produk harga dan merek (3) untuk penelitian lanjutan sebaiknya dilakukan dengan memperluas variable maupun pengembangan indicator serta item lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30987

Actions (login required)

View Item View Item