Pengaruh faktor kebudayaan dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen di ritel modern (studi pada pengunjung Alfamart di Kelurahan Ngaglik Kota Batu) / Nurul Lia Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor kebudayaan dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen di ritel modern (studi pada pengunjung Alfamart di Kelurahan Ngaglik Kota Batu) / Nurul Lia Hidayati

Hidayati, Nurul Lia (2011) Pengaruh faktor kebudayaan dan faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen di ritel modern (studi pada pengunjung Alfamart di Kelurahan Ngaglik Kota Batu) / Nurul Lia Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keputusan Pembelian Faktor Kebudaya Faktor Sosial Proses pengambilan keputusan seseorang untuk membeli suatu produk biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor perilaku konsumen diantaranya adalah faktor kebudayaan dan sosial. Salah satu dari faktor tersebut dapat memberikan pengaruh lebih besar dari faktor yang lain. Mengetahui faktor mana saja yang berpengaruh dan bentuk pengaruh yang diberikan akan sangat membantu manajemen dalam melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran terutama strategi promosi yang sudah dijalankan dan kemudian dapat menyusun strategi pemasaran atau strategi promosi yang lebih efektif dari sebelumnya Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah untuk mengetahui dan menganalisis bahwa faktor kebudayaan dan faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan keputusan pembelian di ritel modern (studi pada pengunjung Alfamart di kelurahan Ngaglik). Metode analisis yang dipergunakan adalah metode analisis deskriptif metode analisis statistik yang terdiri dari analisis regresi linier berganda pengujian signifikan simultan dan pengujian signifikan parsial serta pengujian koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara uji parsial faktor kebudayaan tidak berpengaruh terhadap keputusqn pembelian akan tetapi pada faktor sosiallah yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di ritel modern. Sedangkan pada uji simultan menunjukkan bahwa faktor kebudayaan dan faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian di ritel moderen yaitu oleh konsumen Alfamart kelurahan Ngaglik. Hasil ini dapat dilihat pada analisis Regresi Berganda dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 6 4% yang berarti bahwa adapengaruh faktor kebudayaan dan sosial terhadap keputusan pembelian di Afamart kelurahan Ngaglik sebesar 6 4 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disarankan adalah (1) Perlu adanya strategi pemasaran tertentu dimana dalam memasarkan produk tidak terlalu memperhatikan faktor kebudayaan melainkan lebih menfokuskan pada faktor sosial yang ada dalam masyarakat sekitar perusahaan (2) Untuk itu perusahaan sebagai ritel modern yang menjadi rujukan masyarakat sekitar dalam melakukan pembelian hendaknya perusahaan lebih banyak melakuakn sosialisasi terkait keberadaan ritel tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30986

Actions (login required)

View Item View Item