Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam penggunaan jasa cuci motor (studi pada konsumen pengguna jasa cuci motor Berto Motor Malang) / Mochammad Subakti Yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam penggunaan jasa cuci motor (studi pada konsumen pengguna jasa cuci motor Berto Motor Malang) / Mochammad Subakti Yusuf

Yusuf, Mochammad Subakti (2011) Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam penggunaan jasa cuci motor (studi pada konsumen pengguna jasa cuci motor Berto Motor Malang) / Mochammad Subakti Yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Faktor-faktor Konsumen Jasa cuci Motor Berto Motor Malang Pesatnya perkembangan dunia usaha dewasa ini membawa dampak semakin ketatnya tingkat persaingan. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing. Hal ini pula yang dilakukan oleh Berto Motor Malang merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang jasa cuci motor tentunya harus menyiapkan suatu strategi pemasaran yang tepat untuk dapat terus bersaing karena hanya dengan demikian perusahaan yang berkualitas dapat bersaing dan menguasai pasar. Penelitian ini bertujuan menjelaskan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam penggunaan jasa cuci motor Berto Motor Malang. Adapun faktor yang dikaji dalam penelitian ini adalah Relationship quality bukti fisik image lifestyle referensi pribadi strategi layanan. Dari variabel tersebut terbentuk 23 indikator yang digunakan dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Data yang diperoleh melalui penelitian menggunakan angket dengan skala Likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumen pengguna jasa cuci motor Berto Motor Malang yang berjumlah 4721 responden. Sedangkan pengambilan sampel yang digunakan adalah aturan umum dalam analisis faktor yaitu empat sampai lima kali jumlah variabel dengan menggunakan teknik sampling accidental sampling sehingga diketemukan sebesar 92 responden. Dan untuk menghindari jumlah kuesioner yang tidak diisi atau tidak kembali maka jumlah sampel ditetapkan sebanyak 110 responden. Dari 8 faktor dihasilkan 23 pernyataan yang kemudian diujicobakan pada 30 responden diluar sampel. Semua pernyataan yang telah diujicobakan hasilnya valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen ada 8 faktor yaitu (1) faktor relationship quality (2) faktor bukti fisik (3) faktor image (4) faktor lifestyle (5) faktor referensi (6) faktor pribadi (7) faktor strategi (8) faktor layanan. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah sebagai berikut (1) Adanya perbaikan pada faktor utama yaitu faktor relationship quality hendaknya menjadi pertimbangan bagi Berto Motor Malang dalam meningkatkan hubungan yang baik dengan konsumen dan juga demi perkembangan pemasaran di masa mendatang. (2) Penyedia jasa cuci motor (Berto Motor Malang) hendaknya melakukan inovasi-inovasi yakni dalam bentuk menambah alat penyeprot air memperluas tempat cuci motor dan menambah karyawan pencuci motor untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah konsumen yang mencucikan kendaraannya di Berto Motor Malang. (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya lebih mengembangkan faktor-faktor yang dikaji dalam penelitiannya utamanya untuk analisis lanjutan dengan menggunakan analisis regresi analisis jalur diskriminan dan analisis cluster. karena faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam penggunaan jasa cuci motor tidak hanya sebatas pada apa yang ada dalam penelitian ini saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30985

Actions (login required)

View Item View Item