Indra L., Ferry (2011) Pengaruh atmosfir toko (Store atmosphere) terhadap keputusan pembelian buku text book (Studi pada konsumen toko buku Toga Mas Malang) / Ferry Indra L. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Atmosfir Toko Keputusan Pembelian Konsumen. Kota Malang merupakan kota yang mendapat julukan sebagai kota pendidikan atau kota pelajar. Kota ini mendapat julukan tersebut karena terdapat banyak perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta selain itu banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota Malang. Keberadaan kota Malang sebagai kota pendidikan didukung oleh beberapa fasilitas pendidikan salah satunya adalah toko buku. Berbicara masalah toko buku perkembangan toko buku di Indonesia cukup menggembirakan tampak disetiap sudut kota banyak kita temukan toko buku khususnya di kota Malang. Keberadaan toko buku di kota Malang sangat disambut baik oleh pelajar sehingga peritel harus mampu bersaing di pasar mereka untuk merebut hati konsumennya. Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan setiap retailer dituntut untuk mengembangkan usaha pemasaran yang inovatif pada bisnis ecerannya guna menarik para konsumen untuk mengunjungi tokonya setelah itu konsumen diharapkan melakukan pembelian sehinggga omset penjualan akan naik dengan omset penjualan naik maka pendapatan akan naik dan berakibat aliran laba (profit flow) akan lancar. Untuk dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian salah satunya dapat dilakukan dengan kreatifitas penciptaan suasana (Atmosphere) yang menyenangkan dan menarik di dalam toko karena dewasa ini ada kecenderungan berubahnya motif seseorang untuk berbelanja dimana kegiatan berbelanja tidak hanya sebagai kegiatan fungsional untuk membeli barang kebutuhan saja tetapi juga kegiatan untuk rekreasi hiburan atau hanya untuk pelepas stress. Artinya saat konsumen masuk ke sebuah toko mereka tidak hanya memberikan penilaian terhadap produk yang ditawarkan retailer tetapi juga akan memberikan penilaian terhadap kreatifitas penciptaan suasana pada toko tersebut. Berdasarkan penjelasan diatas maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Atmosfir Toko. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh Atmosfir Toko (yang terdiri atas faktor desain toko faktor sosial dan faktor ambien toko) secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Buku Toga Mas Malang. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan Accidental Sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 138 orang konsumen Toko Buku Toga Mas Malang dengan menggunakan rumus Umar. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 (lima) opsi pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS Versi 12.00. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel Terdapat pengaruh positif yang signifikan Atmosfir Toko (yang terdiri atas Faktor Desain Toko Faktor Sosial dan Faktor Ambien Toko) secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi t 3 294 0 05 untuk Faktor Desain Toko nilai signifikansi t 0 006 0 05 untuk Faktor Sosial dan Signifikansi t 0 001 0 05 untuk faktor Ambien Toko. Terdapat pengaruh positif yang signifikan Atmosfir Toko (yang terdiri atas Faktor Desain Toko Faktor Sosial dan Faktor Ambien Toko) secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar F 0 000 lebih kecil dari nilai 61537 0 05. Dari hasil penelitian diketahui faktor ambien merupakan faktor dominan dari atmosfir toko yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Toko Buku Toga Mas Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |