Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan internet Speedy (studi pada pengguna jasa di warnet Starnet Malang) / Listy Putriyatni

Putriyatni, Listy (2011) Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan internet Speedy (studi pada pengguna jasa di warnet Starnet Malang) / Listy Putriyatni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Bauran promosi, keputusan menggunakan internet Speedy. Internet merupakan kebutuhan bagi banyak orang karena dengan internet kita dapat mengakses berbagai hal yang ingin kita ketahui sebagai bahan perkembangan yang lebih maju dan bermanfaat bagi kita. Adapun penyelenggara jasa internet (PJI) atau yang biasa disebut dengan Internet Service Provider (ISP) yakni perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dimana ISP ini memiliki jaringan lingkup domestik maupun internasional sehingga pengguna jasa ini dapat terhubung ke jaringan internet global dengan menggunakan jaringan yang telah disediakan oleh ISP. Dengan banyaknya minat masyarakat terhadap internet maka muncullah berbagai produk layanan internet di Indonesia, salah satunya adalah Speedy yakni produk layanan internet accses end-to-end dari Telkom dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijamin hingga 384 Kbps, Speedy diposisikan sebagai produk akses internet cepat. Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu (1) untuk mengetahui gambaran bauran promosi, (2) untuk mengetahui gambaran keputusan konsumen, (3) untuk mengetahui pengaruh bauran promosi secara parsial terhadap keputusan konsumen, (4) untuk mengetahui pengaruh bauran promosi secara simultan terhadap keputusan konsumen. Penelitian ini menggunakan dua buah variabel yaitu variabel bebas (X) bauran promosi yang terdiri dari sub variabel periklanan (X1), personal selling (X2), promosi penjualan (X3), dan publisitas (X4). Sedangkan variabel terikat (Y) yaitu keputusan kosumen. Populasi dari penelitian ini adalah para pengguna jasa di Warnet Starnet Malang dengan menggunakan rumus infinite. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Dalam penelitian ini jawaban responden diukur dengan skala Likert, adapun bentuk alternatif jawaban dalam pemberian skor penilaian adalah sangat setuju skor 5, setuju skor 4, kurang setuju skor 3, tidak setuju skor 2, dan sangat tidak setuju skor 1. Hasil analisis deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada variabel periklanan lebih dari 60% responden menjawab setuju, (2) pada variabel penjualan pribadi 45% responden menjawab setuju, (3) pada variabel promosi penjualan 65% responden menjawab sangat setuju, (4) pada variabel publisitas 60% responden menjawab setuju, dan (5) pada variabel keputusan konsumen 70% responden menjawab setuju. Sedangkan hasil analisis inferensial penelitian ini adalah: (1) variabel periklanan (X1) memiliki nilai thitung = 3,224 dengan nilai B = 0,255. Nilai ini selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel 1,9771 sehingga thitung > ttabel atau signifikansi t 0,002 ≤ 0,005. Dengan demikian variabel periklanan berpengaruh positif yang signifika terhadap keputusan konsumen, (2) variabel personal selling memiliki nilai thitung = 0,321 dengan nilai B = 0,024. Nilai ini selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel 1,9771 sehingga thitung ≤ ttabel atau signifikansi t 0,749 > 0,05. Dengan demikian variabel personal selling tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan konsumen, (3) variabel promosi penjualan memiliki nilai thitung = 1,753 dengan nilai B = 0,344. Nilai ini selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel 1,9771 sehingga thitung ≤ ttabel atau signifikansi t 0,082 > 0,05. Dengan demikian variabel promosi penjualan tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan konsumen, (4) variabel publisitas memiliki nilai thitung = 1,766 dengan nilai B = 0,311. Nilai ini selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel 1,9771 sehingga thitung ≤ ttabel atau signifikansi t 0,080 > 0,05. Dengan demikian variabel publisitas tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan konsumen. Selain itu, didapatkan juga nilai Fhitung 5,502 > Ftabel 2,28 atau signifikansi F 0,000 ≤ 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor bauran promosi yang terdiri dari periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan internet Speedy sebesar 11,5%, sedangkan sisanya 88,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Kecilnya nilai bauran promosi terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan internet Speedy pada Warnet Starnet Malang ini karena dipengaruhi beberapa faktor, antara lain produk yang ditawarkan, harga, lokasi, brand name, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian dan sebagainya. Kesimpulan yang berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) gambaran umum bauran promosi produk Speedy oleh PT. Telkom yaitu periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas pada internet Speedy berdasarkan jawaban dari responden yaitu responden merasa lebih puas menggunakan produk internet Speedy di bandingkan dengan produk yang lain, (2) gambaran umum keputusan konsumen dalam menggunakan internet Speedy yaitu di latarbelakangi oleh berbagai macam tahap dalam mengambil tindakan keputusan untuk menggunakan produk Speedy, (3) periklanan berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan internet Speedy, sedangkan personal selling, promosi penjualan, dan publisitas tidak berpengaruh secara positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan internet Speedy, dan (4) bauran promosi yang terdiri dari periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas secara simultan berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam mengggunakan internet Speedy. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah (1) Saran ditujukan kepada PT. Telkom selaku penyedia produk Speedy, terkait dengan kecepatan akses internet ditambahkan karena kadang-kadang sangat lambat ketika jam kerja dimulai. Walaupun paket Speedy yang digunakan sudah termasuk paket unlimited atau paket di atas rata-rata, (2) PT. Telkom Speedy sebaiknya lebih memperdalam pengetahuan tentang apa yang menjadi kebutuhan konsumen, memperbaiki persepsi konsumen yang memiliki persepsi negatif terhadap produk Speedy, menambah pengetahuan konsumen mengenai produk Speedy melalui iklan maupun pameran sehingga akan mampu mempengaruhi konsumen sehingga terdorong untuk membeli dan menggunakan produk Speedy, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen selain variabel yang diteliti pada penelitian ini. Selain itu menyempurnakan kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini dan dapat dijadikan dasar pertimbangan ilmiah bagi kesempurnaan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30971

Actions (login required)

View Item View Item