Hubungan kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, keefektifan teknik pembinan guru, dan kompetensi mengajar guru di SD Negeri se-kecamatan Balekreko Madiun / oleh Dwi Erawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, keefektifan teknik pembinan guru, dan kompetensi mengajar guru di SD Negeri se-kecamatan Balekreko Madiun / oleh Dwi Erawati

Dwi Erawati (2009) Hubungan kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, keefektifan teknik pembinan guru, dan kompetensi mengajar guru di SD Negeri se-kecamatan Balekreko Madiun / oleh Dwi Erawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai cara dan upaya dilakukan guru untuk berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa di sekolah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melakukan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dimana Pembelajaran ini telah sesuai dengan KBK 2004 dan relevan dengan keadaan sekarang ini. Model jigsaw terbentuk oleh beberapa kelompok heterogen yang masing-masing kelompok terdiri atas 5-6 orang siswa. Materi diberikan dalam bentuk soal dan dikerjakan secara individu kemudian para siswa diwajibkan untuk menguasai materi tersebut dan mengajarkannya kepada temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada mata diklat kewirausahaan (2) Mendeskripsikan kerjasama peserta didik pada mata diklat kewirausahaan (3) Mendeskripsikan respon peserta didik pada mata diklat kewirausahaan (4) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada mata diklat kewirausahaan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas I program keahlian Administrasi Perkantoran (ADP) di SMK PGRI 2 Malang hal ini dikarenakan pembelajaran tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara yaitu 1) observasi 2) wawancara 3) tes 4) catatan lapangan 5)angket. Penelitian tindakan kelas tersebut dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu 1) perencanaan 2)pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasil penelitian pembelajaran kooperatif model jigsaw menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya materi pembinaan bekerja prestatif efektif dan efisien . Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor rata-rata siswa yang semula nilai pre tes siklus 1 62 meningkat 72 (nilai post tes siklus 1) dan siklus 2 rata-rata pre tes siswa 62 meningkat secara signifikan menjadi 96 2. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya materi pembinaan bekerja prestatif efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian tersebut guru bidang studi dianjurkan untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam melaksanakan proses belajar mengajar karena terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3097

Actions (login required)

View Item View Item