Pengaruh persepsi konsumen tentang kredibilitas celebrity endorser pada iklan Pantene terhadap brand image produk (studi pada siswa-siswi pengguna produk Pantene di Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung) / Dwi Khoirun Ni'mah N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi konsumen tentang kredibilitas celebrity endorser pada iklan Pantene terhadap brand image produk (studi pada siswa-siswi pengguna produk Pantene di Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung) / Dwi Khoirun Ni'mah N.

Ni'mah N., Dwi Khoirun (2011) Pengaruh persepsi konsumen tentang kredibilitas celebrity endorser pada iklan Pantene terhadap brand image produk (studi pada siswa-siswi pengguna produk Pantene di Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung) / Dwi Khoirun Ni'mah N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kredibilitas celebrity endorser brand image Dengan semakin berkembangnya arus informasi saat ini strategi pemasaran yang kreatif dan menyentuh namun tetap efektif dan efisien mutlak diperlukan dalam upaya meningkatkan brand awareness dan merebut mind share masyarakat. Iklan merupakan salah satu kegiatan untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Salah satu cara kreatif dalam beriklan adalah dengan menggunakan endorser. Penggunaan endorser diharapkan dapat memberikan asosiasi positif antara produk dengan endorser. Asosiasi tersebut secara sederhana dapat muncul dalam bentuk pemikiran atau citra tertentu yang dikaitkan pada suatu merek. Keterkaitan pada suatu merek akan lebih kuat apabila dilandasi pada banyak pengalaman untuk mengkomunikasikannya. Berbagai asosiasi yang diingat konsumen dapat dirangkai sehingga membentuk citra tentang merek di dalam benak konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dan explanatory. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan besar pengaruh kredibilitas celebrity endorser yang terdiri dari keahlian (X1) kelayakan untuk dipercaya (X2) kemampuan untuk disukai (X3) terhadap brand image produk Pantene baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung yang menggunakan shampo Pantene. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik propotional random sampling dan random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan keahlian secara parsial terhadap brand image produk Pantene pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung (2) terdapat pengaruh positif signifikan kelayakan untuk dipercaya secara parsial terhadap brand image produk Pantene pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung (3) terdapat pengaruh positif signifikan kemampuan untuk disukai secara parsial terhadap brand image produk Pantene pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung (4) terdapat pengaruh positif signifikan kredibilitas celebrity endorser (keahlian kelayakan untuk dipercaya kemampuan untuk disukai) secara simultan terhadap brand image produk Pantene pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kredibilitas celebrity endorser dapat mempengaruhi brand image produk baik secara parsial maupu secara simultan. Keahlian kelayakan untuk dipercaya dan kemampuan untuk disukai mempengaruhi brand image produk Pantene pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan Kabupaten Tulungagung sebesar 50 2% sedangkan sisanya 49 2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. Saran yang dapat diberikan berkenaan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Direktur Periklanan Procter Gamble Indonesia hendaknya tetap mempertahankan penggunaan Anggun C. Sasmi karena selebriti tersebut memberikan pengaruh positif terhadap brand image produk. Di dalam pemilihan endorser Pantene selanjutnya hendaknya menambahkan penggunaan endorser laki-laki karena salah satu indikator dalam penelitian ini menunjukkan bahwa responden menganggap Pantene hanya ditujukan untuk kaum perempuan (2) dalam penelitian selanjutnya disarankan agar objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu masyarakat umum dari berbagai golongan usia dan tempat penelitian yang lebih luas supaya data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi brand image produk selain variabel yang diteliti pada penelitian ini. Selain itu menyempurnakan kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini dan dapat dijadikan dasar pertimbangan ilmiah bagi kesempurnaan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30968

Actions (login required)

View Item View Item