Sumantri (2011) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen pasta gigi Pepsodent (studi pada ibu-ibu PKK Kelurahan Mojolangu Malang) / Sumantri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci atribut produk harga kemasan kualitas keputusan pembelian. Kesehatan merupakan harta paling berharga dalam hidup ini begitulah kira-kira bunyi sebuah pepatah yang pernah peneliti baca. Ya kesehatan memang sebuah harta yang sangat berharga bagi manusia. Apalah artinya uang berlimpah jika tubuh dalam kondisi sakit makan tak enak tidurpun tak nyenyak. Kesehatan tidak begitu saja dimiliki seseorang dibutuhkan upaya untuk mendapatkan dan menjaganya. Salah satu kesehatan yang harus dijaga oleh seseoarang adalah kesehatan gigi dan mulut. Untuk itu saat ini begitu banyak produk yang fungsinya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Salah satunya yaitu pasta gigi. Berbicara masalah pasta gigi saat ini banyak sekali jenis-jenis pasta gigi yang beredar dipasaran. Seperti pasta gigi Pepsodent Formula Close Up Ritadent Ciptadent dll. Kesemua jenis pasta gigi tersebut pada dasarnya fungsinya sama yaitu digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun dalam perkembangannya diantara produk-produk tersebut memiliki ciri tersendiri terutama dalam hal fungsi-fungsi tambahan yang diberikan oleh produk-produk tersebut. Hal tersebut tidak lain bertujuan untuk mendukung kesuksesan program pemasaran yang disusun oleh perusahaan. Sehingga pada akhirnya produk mereka diperhitungkan oleh konsumen. Untuk dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian salah satunya dapat dilakukan dengan kreatifitas penciptaan atribut produk yang menarik bagi konsumen. Atribut produk dalam beberapa penelitian dan buku-buku tentang pemasaran dinyatakan sebagai komponen yang dipertimbangkan oleh konsumen sebelum mengambil keputusan pembelian. Namun tentunya antara jenis produk yang satu dengan produk yang lainnya memiliki perbedaan mana atribut produk yang dipertimbangkan oleh konsumen dan mana yang tidak. Berdasarkan penjelasan diatas maka peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Atribut Produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk (X) yang terdiri dari Faktor Harga (X1) dan Kemasan (X2) dan faktor Kualitas (X3) secara parsial maupun simultan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Y). Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental Sampling yaitu menentukan sampel berdasarkan kebetulan dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 107 orang ibu-ibu anggota PKK Kelurahan Mojolangu Malang. Skala yang digunakan adalah Skala Likert dengan 5 (lima) opsi pilihan jawaban. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS for windows Versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel Atribut Produk (X) yang terdiri dari Faktor Harga (X1) Faktor Kemasan (X2) dan faktor Kualitas (X3) secara parsial mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pasta gigi Pepsodent. Adanya pengaruh tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi dari uji t dari masing-masing variabel 0 05. Dimana nilai tersebut berturut-turut sebagai berikut untuk Faktor Harga (X1) mempunyai nilai signifikansi 0 001 Faktor Kemasan (X2) mempunyai nilai signifikansi 0 002 dan Faktor Kualitas (X3) mempunyai nilai signifikansi 0 003. Selain itu juga ditunjukkan dengan nilai t hitung untuk Faktor Harga 3 348 nilai t tabel 1 982 Faktor Kemasan nilai t hitung 3 244 nilai t tabel 1 982 dan untuk Faktor Kualitas 2 994 nilai t tabel 1 982. Secara simultan Faktor Harga (X1) Faktor Kemasan (X2) dan faktor Kualitas (X3) juga mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pasta gigi Pepsodent. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi F sebesar 0 000 8804 0 05 dan ditunjukkan oleh nilai F hitung 25 207 F tabel 2 70. Selain itu diketahui pula bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0 409. Dapat diinterpretasikan bahwa variabel Atribut Produk Faktor Harga Faktor Kemasan dan Faktor Kualitas mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam berbelanja produk pasta gigi Pepsodent sebesar 40 9 % dan sisanya sebesar 59 1 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada produsen pasta gigi Pepsodent sebaiknya selalu meningkatkan atau mempertahankan atribut produk yang sudah ada saat ini selain itu sebaiknya juga menciptakan produk yang mempunyai dua macam kualitas dalam satu produk. Misalnya kombinasi antara Pepsodent Center Fresh dan Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang. Apabila peneliti di masa mendatang ingin menggunakan variabel Atribut Produk peneliti menyarankan agar menambahkan variabel merek sebagai sub variabel bebasnya. Hal ini untuk mengetahui apakah variabel merek juga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pasta gigi pepsodent yang belum terjawab dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |