Pengembangan media monopoli untuk kegiatan pengayaan dalam pembelajaran membaca bahasa arab siswa madrasah tsanawiyah / Rachmatuth Thoyibah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media monopoli untuk kegiatan pengayaan dalam pembelajaran membaca bahasa arab siswa madrasah tsanawiyah / Rachmatuth Thoyibah

Thoyibah, Rachmatuth Thoyibah (2024) Pengembangan media monopoli untuk kegiatan pengayaan dalam pembelajaran membaca bahasa arab siswa madrasah tsanawiyah / Rachmatuth Thoyibah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pengayaan dalam pembelajaran kurang berjalan dengan baik akibat kurangnya fasilitasi guru terhadap siswa unggul untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilannya sehingga siswa unggul merasa bosan tidak aktif dan kurang termotivasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk (1) menghasilkan pengembangan media monopoli untuk kegiatan pengayaan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah dan (2) mendeskripsikan kelayakan media monopoli untuk kegiatan pengayaan dalam pembelajaran membaca bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yaitu angket validasi ahli materi dan media angket penilaian guru dan angket respon siswa. Teknik analisis data penelitian yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) media monopoli Bahasa Arab untuk kegiatan pengayaan pembelajaran membaca Bahasa Arab yang mencakup komponen dan kegiatan dari keterampilan membaca. Media monopoli terdiri dari 12 komponen yaitu papan monopoli kartu pintar kartu kalimat kartu kosakata kartu berhenti kartu tantangan lembar materi manual book stiker bintang kotak penyimpanan monopoli bidak-bidak dan 2 buah dadu. Adapun kegiatan kebahasaan pada media monopoli ini yaitu kegiatan keterampilan membaca untuk melatih kemampuan siswa dalam membaca lisan (Jahriyyah) dan pemahaman isi teks tersurat (2) media monopoli Bahasa Arab layak digunakan untuk kegiatan pengayaan pembelajaran membaca bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah. Media monopoli telah teruji oleh validator ahli materi dan ahli media dengan memperoleh rata-rata persentase keduanya sebesar 84 25% atau ldquo Sangat Layak rdquo . Adapun rata-rata hasil angket penilaian pengguna media yaitu guru dan siswa memperoleh persentase sebesar 87 75% atau ldquo Sangat Baik rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/309637

Actions (login required)

View Item View Item