Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (studi pada pasien rawat inap kelas III RSUD Kanjuruhan Kepanjen) / Dian Purwasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (studi pada pasien rawat inap kelas III RSUD Kanjuruhan Kepanjen) / Dian Purwasih

Purwasih, Dian (2011) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (studi pada pasien rawat inap kelas III RSUD Kanjuruhan Kepanjen) / Dian Purwasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kualitas pelayanan kepuasan pasien Perkembangan industri di Indonesia telah berkembang semakin pesat salah satunya di sektor kesehatan. Rumah sakit telah menunjukkan perkembangan yang mengarah kepada profesionalisme dibidang pelayanan jasa. Perkembangan ini disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal seperti kesadaran para pengelola rumah sakit untuk menerapkan sistem manajemen yang profesional serta tuntutan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit yang berkualitas. Kualitas pelayanan itu sendiri terdiri dari bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan perhatian yang dapat menjadikan pelanggan itu loyal pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan perhatian secara parsial maupun secara simultan antara terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III RSUD Kanjuruhan Kepanjen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa kuesioner tertutup. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap menyiapkan kuesioner yang diperlukan kemudian menyebarkan kuesioner kepada responden yang sesuai dengan karakteristik penelitian mentabulasi data yang telah diperoleh dan menganalisis data dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut Terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan perhatian secara parsial terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III RSUD Kanjuruhan kepanjen dan terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik keandalan daya tanggap jaminan dan perhatian secara simultan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III RSUD Kanjuruhan Kepanjen. Saran yang dapat peneliti berikan adalah RSUD Kanjuruhan Kepanjen harus terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan diharapkan bagi peneliti berikutnya dapat menemukan atau meneliti variabel-variabel lainnya diluar penelitian ini karena kepuasan pasien dalam penelitian ini juga dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30955

Actions (login required)

View Item View Item