Mawantoro, Adam Khasbullah (2011) Diversifikasi produk pada rumah makan ayam bakar Wong solo Cabang Malang / Adam Khasbullah Mawantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci diversifikasi produk. Strategi diversifikasi produk akan jauh lebih efektif dan sempurna jika mampu memberikan kepuasan pada pelanggan dengan memberikan apa yang mereka inginkan mengingat selera konsumen dalam dunia pembangunan cenderung terus berubah dari waktu kewaktu. Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo merupakan sebuah bisnis dengan sistem waralaba yang berkembang ditengah persaingan yang sangat ketat didalam sebuah perusahaan yang sejenis dengan saling berlomba-lomba untuk mendapatkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pelaksanaan diversifikasi produk yang terdiri dari diversifikasi konsentris dan diversifikasi horisontal serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan diversifikasi produk pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dalam laporannya disusun dalam bentuk naratif yang menunjukkan sifat kreatif dari peneliti sehingga dapat mempertahankan ciri alamiahnya. Prosedur penelitian yang digunakan dalam riset lapangan adalah wawancara (interview) observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data kualitatif dan penentuan sampel atau situasi sosial dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang di jalan Tengger no.2 waktu penelitian pada tanggal 5 Agustus sampai 20 September 2010. Dari hasil penelitian dan wawancara diketahui bahwa demi kesuksesan produknya rumah makan Ayam Bakar Wong Solo menerapkan strategi bauran pemasaran (produk harga promosi tempat) diversifikasi produk (diversifikasi konsentris dan horizontal) delivery order dan standarisasi bahan baku. Sehingga para pelanggan Wong Solo akan merasa puas dan akan kembali lagi untuk mengkonsumsi produk rumah makan Ayam Bakar Wong Solo. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa peran konsumen sangat penting bagi kelancaran strategi diversifikasi produk. Sehingga tidak salah jika rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang berhasil menciptakan menu produk lebih kurangnya hamper 50 macam menu. Tetapi dalam pelaksanaan diversifikasi produk ini ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan diversifikasi produk. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar rumah makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang lebih memperhatikan sistem pergudangan dan tempat produksinnya melakukan inovasi produk dengan menggunakan nama produk yang menarik dan lebih meningkatkan sistem pelayanan yang masih kurang maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/30951 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |