Pengaruh rasio likuiditas, rasio aktivitas dan rasio leverage terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan food and beverabe yang listing di BEI pada tahun 2007-2010 / Siti Anisah

Anisah, Siti (2011) Pengaruh rasio likuiditas, rasio aktivitas dan rasio leverage terhadap rentabilitas ekonomi pada perusahaan food and beverabe yang listing di BEI pada tahun 2007-2010 / Siti Anisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci : Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas dan Rasio Leverage dan Rentabilitas Ekonomi Kinerja keuangan merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh perusahaan dalam periode tertentu yang menunjukkan tingkat kesehatannya. Salah satu cara mengukur kinerja keuangan perusahaan adalah dengan menggunakan analisis rasio. Rentabilitas Ekonomi tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah kondisi keuangan perusahaan yang tercermin dalam bentuk rasio-rasio keuangan. Beberapa faktor tersebut seperti Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas dan Rasio Leverage. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor tersebut terhadap Rentabilitas Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan Food and Beverage yang lisitng di BEI tahun 2007-2010 dengan batasan penelitian pada tahun 2010 hanya pada triwulan ketiga berjumlah 19 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu sehingga menghasilkan sampel berjumlah 12 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rasio Likuiditas (current ratio) secara parsial tidak berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi, (2) Rasio Aktivitas (total asset turnover) secara parsial berpengaruh terhadap rentabilitas ekonomi, (3) Rasio Leverage (debt to capital asset ratio) secara parsial berpengaruh positif terhadap rentabilitas ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada Perusahaan Food and Beverage untuk mempertimbangkan rasio likuiditas dan rasio aktivitas dalam hal ini adalah current ratio dan total asset turnover karena apabila perusahaan tersebut tidak bisa mengelola aktiva secara efisien dan efektif mungkin maka akan menyebabkan turunnya rentabilitas ekonomi. Penelitian ini bisa dikembangkan untuk mengetahui pengaruh-pengaruh lain yang mempengaruhi Rentabilitas Ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30949

Actions (login required)

View Item View Item