Pengaruh pelatihan dan masa kerja terhadap kinerja karyawan (studi pada bank BRI Cabang Martadinata Kota Malang) / Agus Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pelatihan dan masa kerja terhadap kinerja karyawan (studi pada bank BRI Cabang Martadinata Kota Malang) / Agus Afandi

Afandi, Agus (2011) Pengaruh pelatihan dan masa kerja terhadap kinerja karyawan (studi pada bank BRI Cabang Martadinata Kota Malang) / Agus Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pelatihan Masa Kerja Kinerja. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan untuk menciptakan tenaga kerja yang mempunyai kemampuan cakap terampil mempunyai kemauan dan kesungguhan untuk bekerja secara efektif perusahaan perlu mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi karyawannya. Hal ini dilakukan agar karyawan terhindar dari keusangan dan dapat mempertahankan diri agar tetap mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik. Selain itu proses penilaian kinerja juga dapat dilihat dari seberapa lama seorang karyawan bekerja pada sebuah perusahaan atau pengalaman-pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Penilaian kinerja tersebut tidak lepas dari beberapa faktor-faktor yang mempengaruhinya. Diantara faktor-faktor tersebut adalah faktor pelatihan dan masa kerja. Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi pelatihan masa kerja dan kinerja yang ada di Bank BRI cabang Martadinata Kota Malang serta mengetahui pengaruh signifikan faktor pelatihan dan masa kerja terhadap kinerja karyawan dan varaiabel mana yang dominan mempengaruhi kinerja karyawan. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket yang dilaksanakan pada tanggal 24 November 2010 sedangkan dokumentasi dan wawancara yang dilaksanakan selama berjalannya penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank BRI Cabang Martadinata Kota Malang yang berjumlah 61 orang. Sedangkan sampelnya berjumlah 53 orang dimana pengambilan sampel menggunakan metode proportionate random sampling. Dalam penelitian ini pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (a) pelatihan di Bank BRI berjalan baik dan berpengaruh terhadap kinerja dibuktikan dengan sebanyak 38 responden (71 70%) menyatakan setuju sedangkan 15 responden (28 30%) menyatakan sangat setuju bahwa pelatihan di Bank BRI berjalan sangat baik dan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. (b) Masa kerja karyawan berpengaruh sangat signifikan dibuktikan dengan 27 responden (50 94%) menyatakan sangat setuju sedangkan 26 responden (49 06%) menyatakan setuju bahwa masa kerja karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. (c) kinerja karyawan Bank BRI menujukkan kondisi yang sangat baik terbukti dari 47 responden (88 68%) mempunyai kinerja yang lebih baik dan 6 responden (11 32%) berkinerja baik. Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil sebgai berikut (a) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan pelatihan terhadap kinerja karyawan Bank BRI Cabang Martadinata Kota Malang terbukti dari nilai thitung 4 427 ttabel 2 008. Sumbangan Efektif (SE) variabel pelatihan (X1) terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 19 45%. (b) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan masa kerja terhadap kinerja karyawan Bank BRI Cabang Martadinata Kota Malang terbukti dari nilai thitung 4 929 ttabel 2 008. Sumbangan Efektif (SE) variabel masa kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 24 11%. (c) Diantara variabel pelatihan dan masa kerja terbukti masa kerja berpengaruh secara dominan dengan nilai unstandardized coefficients (B) sebesar 0 505 lebih besar dibandingkan nilai unstandardized coefficients (B) variabel pelatihan sebesar 0 276. Dari hasil penelitian ini penulis dapat memberikan saran kepada Bank BRI Cabang Martadinata Kota Malang agar kegiatan pelatihan yang diadakan sebaiknya lebih difokuskan pada peningkatan ketrampilan dan pengetahuan karyawan dalam bidang perbankan dan bukan hanya bersifat sebagai penyegaran dan lebih merata pada tiap departemen. Dan juga sebaiknya perusahaan melihat masa kerja karyawan dalam penilaian kinerja dan peningkatan grade.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item