Ridwan, Moh Efendi Ridwan (2024) Pengunaan komponen technology, pedagogi, dan content knowledge (tpack) dalam platform pembelajaran bahasa arab al-jazeera / MOH EFENDI RIDWAN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh demotivasi para pembelajar bahasa Arab yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Banyak pembelajar bahasa Arab yang masih kesulitan memilih media pembelajaran yang sesuai dengan diri mereka terutama para pembelajar pemula yang belum mengetahui langkah pertama dalam belajar bahasa Arab. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada penggunakan kerangka kerja TPACK dalam website Al-Jazeera Learning Arabic. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga komponen TPACK yaitu Content Knowledge Pedagogical Knowledge dan Technological Knowledge dalam website AJLA dan mengetahui kesesuaian media AJLA dalam menunjang pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Penerapan Content Knowledge (CK) pada website AJLA dalam setiap tingkatan berbeda dalam tingkatan beginner konten atau tema materi yang disajikan berupa tema pengenalan dasar dalam belajar bahasa Arab dan semakin kompleks pada tingkatan intermediate sampai advanced. 2). Penerapan Pedagogical Knowledge (PK) pada website AJLA memiliki strategi dan metode yang berbeda. Latihan kemahiran berbahasa pada tingkatan beginner intermediate dan advanced banyak mengadopsi metode audio visual dalam bentuk video animasi dan metode tekstual akan tetapi berbeda pada tingkat kesukarannya. 3). Penerapan Technological Knowledge (TK) secara keseluruhan menggunakan teknologi yang sama dan tidak ada bedanya dalam seluruh tingkatan yang ada di website AJLA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/309451 |
Actions (login required)
View Item |