Pengaruh pengembangan produk "ponsel Nokia" terhadap kepuasan konsumen (studi pada konsumen ponsel Nokia di Pusat Penjualan Ponsel Malang Plasa Lantai 2) / Christian Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengembangan produk "ponsel Nokia" terhadap kepuasan konsumen (studi pada konsumen ponsel Nokia di Pusat Penjualan Ponsel Malang Plasa Lantai 2) / Christian Afandi

Afandi, Christian (2011) Pengaruh pengembangan produk "ponsel Nokia" terhadap kepuasan konsumen (studi pada konsumen ponsel Nokia di Pusat Penjualan Ponsel Malang Plasa Lantai 2) / Christian Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Produk Kepuasan Konsumen Pengembangan produk menjadi bagian sebuah proses dari proses inovasi yang ada dalam dunia bisnis. Melalui perancangan dan pengembangan produk diharapkan akan dihasilkan inovasi-inovasi produk yang mampu memberikan keunggulan tertentu didalam mengatasi persaingan dengan produk kompetitor. Hal ini juga terjadi pada Nokia Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kondisi pengembangan produk ponsel Nokia di pusat penjualan ponsel Malang Plasa lantai 2 (2) Kondisi kepuasan konsumen ponsel Nokia di pusat penjualan ponsel Malang Plasa lantai 2 (3) Pengaruh pengembangan produk (X) baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen baik (Y) (4) mengetahui variabel pengembangan produk yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Variabel bebas dalam penelitian ini terdiri dari kinerja produk (X1) desain (X2) perubahan produk (X3) dan variabel terikatnya adalah kepuasan konsumen (Y). Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi yang diambil adalah konsumen penguna ponsel Nokia di Malang plasa lantai 2. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan kelonggaran ketidak telitian 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan menggunakan instrumen kuesioner tertutup dengan skala Likert 5 pilihan jawaban. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik. Untuk menguji validitas dan reliabilitas dengan sampel uji coba berjumlah 30 responden. Proses pengolahan data menggunakan software SPSS 16 for Windows. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Responden setuju bahwa kinerja produk desain perubahan produk menjadi pertimbangan dalam kepuasan konsumen dengan jumlah persentase responden sebesar 45 33% 57 33% 34 67% (2) Terdapat pengeruh positif yang signifikan kinerja produk (X1) terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Signifikansi t 0 001 (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan desain (X2) terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Signifikansi t 0 049 (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan perubahan produk (X3) terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Signifikansi t 0 000 (5) Terdapat pengaruh kinerja produk (X1) desain (X2) perubahan produk (X3) secara simultan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai Signifikansi F 0 000 (6) Sub variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah perubahan produk dengan nilai sumbangan efektif sebesar 28 84%. Selain itu diketahui pula Adjusted R Square sebesar 0 616 yang berarti bahwa kinerja produk desain perubahan produk secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 61 6%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Sebagian besar responden menyatakan setuju bahwa kondisi pengembangan produk yang meliputi kinerja produk desain dan perubahan produk di pusat penjualan ponsel Malang plasa lantai 2 (2) Sebagian besar responden menyatakan setuju terhadap kondisi kepuasan konsumen di pusat penjualan malang plasa (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kinerja produk desain perubahan produk secara parsial terhadap kepuasan konsumen (4) Terdapat pengaruh positif yang signifikan kinerja produk desain perubahan produk secara simultan terhadap kepuasan konsumen (5) Elemen pengembangan produk yang paling dominan adalah perubahan produk. Saran dalam penelitian ini adalah sebaiknya (1) Nokia Indonesia tetap mempertahankan upaya pada perubahan produk agar dapat menarik konsumen (2) Pihak Nokia Indonesia melakukan pengembangan produk secara berkala (3) Mengeluarkan produk baru dengan harga yang lebih murah agar dapat dinikmati semua lapisan masyarakat sehingga akan lebih banyak calon konsumen yang tertarik untuk membeli produk dari Nokia (4) Kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian terhadap faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi kepuasan konsumen selain faktor pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30945

Actions (login required)

View Item View Item