Penerapan metode total physical response (tpr) dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa arab pada maharah qira’ah / Ani Ria Ariska - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode total physical response (tpr) dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa arab pada maharah qira’ah / Ani Ria Ariska

Ariska, Ani Ria Ariska (2022) Penerapan metode total physical response (tpr) dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa arab pada maharah qira’ah / Ani Ria Ariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode Total Physical Response (TPR) dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada maharah qira rsquo ah siswa Madrasah Ibtidai rsquo yah Hasyim Asy rsquo ari Malang dan juga untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa Madrasah Ibtidai rsquo yah Hasyim Asy rsquo ari Malang pada maharah qira rsquo ah melalui metode Total Physical Response (TPR). Total Physical Response (TPR) adalah metode penguasaan bahasa menggunakan respons atau gerak tubuh tertentu (koordinasi antara ujaran dan tindakan). Penelitian ini berfokus pada tujuan yang ingin dicapai peneliti yakni bagaimana penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa pada maharah qira rsquo ah di Madrasah Ibtidai rsquo yah Hasyim Asy rsquo ari Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat kegiatan yaitu (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian nya adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidai rsquo yah Hasyim Asy rsquo ari Malang. Adapun data dan sumber data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif bersumber dari skor hasil belajar siswa baik sebelum maupun setelah diterapkannya metode Total Physical Response (TPR). Data kualitatif bersumber dari hasil wawancara angket siswa dan catatan-catatan lapangan. Penelitian ini menghasilkan peningkatan nilai rata-rata post-test siklus I sebesar 40% dibandingkan sebelum diterapkannya metode Total Physical Response (TPR). Hasil post-test siklus II juga mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 95 08 dan persentase ketuntasan belajar siswa 100%. Nilai tersebut telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan (75).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/309440

Actions (login required)

View Item View Item