Pengaruh persepsi ekuitas merek (Brand Equity) terhadap keputusan pembelian dodoran rexona (Studi pada siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM Malang) / Reni Adiyanti

Adiyanti, Reni (2011) Pengaruh persepsi ekuitas merek (Brand Equity) terhadap keputusan pembelian dodoran rexona (Studi pada siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM Malang) / Reni Adiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian Fenomena dan dinamika persaingan yang ada dalam era globalisasi akan semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme pasar yang memposisikan perusahaan untuk selalu mengembangkan dan merebut pangsa pasar (market share). Salah satu aset untuk mencapai keadaan tersebut adalah merek (brand) produk yang dewasa ini berkembang menjadi sumber aset terbesar bagi perusahaan. Untuk itu apabila perusahaan menginginkan posisi yang kuat di pasaran maka intangible asetnya seperti ekuitas merek perlu dikelola terus menerus. Ekuitas merek yang mempengaruhi keputusan pembelian ini terdiri dari empat macam, yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek. Keempat macam ekuitas merek ini diaplikasikan oleh konsumen ketika membeli deodoran Rexona. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi persepsi ekuitas merek dan keputusan pembelian pengguna deodoran Rexona siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM Malang dalam membeli deodoran Rexona, mengetahui pengaruh variabel ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek) secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian deodoran Rexona, dan mengetahui sub variabel ekuitas merek yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Siswa kelas XI di SMA Laboratorium UM Malang. Variabel dalam penelitian ini, meliputi variabel bebas yaitu ekuitas merek (X) dengan subvariabel kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2), persepsi kualitas(X3), serta loyalitas merek (X4) sedangkan variabel terikat (Y) adalah keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna deodoran Rexona pada Siswa Kelas XI di SMA Laboratorium UM Malang dengan jumlah sampel sejumlah 124 responden dengan menggunakan teknik Quota Sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2), persepsi kualitas (X3), dan loyalitas merek (X4) mempunyai nilai thitung masing-masing (3,610; 1,994; 2,225; 2,767) sedangkan nilai Fhitung sebesar 23,957 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2) persepsi kualitas (X3) dan loyalitas merek (X4) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) deodoran Rexona baik secara parsial maupun simultan. Sedangkan faktor berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian deodoran Rexona adalah kesadaran merek (X1). Dari hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah yaitu hendaknya perusahaan meningkatkan lagi iklan baik melalui media cetak maupun elektronik sehingga konsumen lebih mengenal lagi produk deodoran Rexona yang kemudian akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk deodoran Rexona tersebut yang akhirnya akan menciptakan loyalitas yang tinggi akan produk deodoran Rexona itu. Semakin tinggi ekuitas merek yang dimiliki konsumen tentang deodoran Rexona baik kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek akan semakin mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30935

Actions (login required)

View Item View Item