Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen (studi pada konsumen toko buku diskon Togamas Malang) / Rizqi Nugraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen (studi pada konsumen toko buku diskon Togamas Malang) / Rizqi Nugraheni

Nugraheni, Rizqi (2011) Pengaruh citra toko terhadap loyalitas konsumen (studi pada konsumen toko buku diskon Togamas Malang) / Rizqi Nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Citra Toko Loyalitas konsumen Kemajuan dibidang perekonomian selama ini telah banyak membawa akibat perkembangan yang pesat dalam bidang usaha.Salah satunya adalah ketatnya persaingan dalam bidang pemasaran. Ketatnya persaingan dalam bidang pemasaran dan semakin banyaknya kebutuhan menuntut para produsen untuk berlomba dalam mendapatkan konsumen. Tantangan untuk mempunyai strategi persaingan yang lebih baik tidak bisa dielakkan. Hal ini sangat penting untuk dimiliki oleh suatu perusahaan karena strategi ini digunakan untuk dapat menarik konsumen yang pada akhirnya nanti berujung pada pembelian serta pembelian kembali produk yang ditawarkan oleh produsen. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu citra toko (X) dengan subvariabel pelayanan (X1) harga (X2) kualitas toko (X3) serta lingkungan fisik toko (X4) sedangkan variabel terikat (Y) adalah loyalitas konsumen. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Toko Buku Diskon Togamas Malang dengan jumlah sampel sejumlah 120 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pelayanan (X1) harga (X2) kualitas toko (X3) dan lingkungan fisik toko (X4) mempunyai nilai thitung masing-masing (2 469 2 538 2 591 2 132) sedangkan nilai Fhitung sebesar 8 192 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lebih kecil dari nilai 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan citra toko yang terdiri dari pelayanan (X1) harga (X2) kualitas toko (X3) dan lingkungan fisik toko (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y) Toko Buku Diskon Togamas Malang baik secara parsial maupun simultan. Sedangkan faktor berpengaruh dominan terhadap loyalitas konsumen Toko Buku Diskon Togamas Malang adalah kualitas toko (X3). Dari hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah yaitu hendaknya selalu memperhatikan citra toko yang dimiliki agar kosumen tetap memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan tersebut. Semakin tinggi citra toko yang dimiliki perusahaan baik dari segi pelayanan harga kualitas toko dan lingkungan fisik toko akan semakin mempengaruhi loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30914

Actions (login required)

View Item View Item