Pengaruh karateristik pembalap motogp sebagai endorser iklan terhadap brand image motor yamaha (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Rizky Widyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh karateristik pembalap motogp sebagai endorser iklan terhadap brand image motor yamaha (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Rizky Widyanto

Widyanto, Rizky (2011) Pengaruh karateristik pembalap motogp sebagai endorser iklan terhadap brand image motor yamaha (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Rizky Widyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Karakteristik Endorser Brand Image Pemakaian endorser merupakan salah satu bentuk strategi komunikasi pemasaran di dalam periklanan. Tujuan pemakaian endorser tersebut adalah untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan awareness serta brand image produk yang di iklankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi keadaan karakteristik endorser dan brand image motor Yamaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang mengetahui pengaruh variabel karakteristik endorser (expertise trustworthiness attractiveness likeability dan meaningfulness) secara parsial maupun simultan terhadap brand image motor Yamaha dan mengetahui sub variabel karakteristik endorser yang dominan mempengaruhi brand image. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu Karakteristik Endorser (X) dengan subvariabel Expertise (X1) Trustworthiness (X2) Attractiveness (X3) Likeability (X4) dan Meaningfulness (X5) sedangkan variabel terikat (Y) adalah Brand Image. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang pernah melihat dan atau mengetahui iklan motor Yamaha versi pembalap MotoGP dengan jumlah sampel sejumlah 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Expertise (X1) Trustworthiness (X2) Attractiveness (X3) Likeability (X4) dan Meaningfulness (X5) mempunyai nilai thitung masing-masing (3 069 2 252 3 251 2 595 3 171) sedangkan nilai Fhitung sebesar 40 387 dengan tingkat signifikansi sebesar 0 000 lebih kecil dari nilai 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan Karakteristik Endoser yang terdiri dari Expertise (X1) Trustworthiness (X2) Attractiveness (X3) Likeability (X4) dan Meaningfulness (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image (Y) motor Yamaha baik secara parsial maupun simultan. Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap Brand Image motor Yamaha adalah Expertise (X1). Saran yang dapat direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini untuk perusahaan (YMKI) yaitu hendaknya di dalam mengkomunikasikan produk selanjutnya perusahaan dapat lebih memfokuskan pemilihan endorser pada faktor expertise sesuai dengan hasil penelitian ini. Dan perusahaan diharapkan juga menginformasikan pesan iklannya dengan lebih persuasif dan melakukan periklanan secara efektif agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30913

Actions (login required)

View Item View Item