Pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian laptop Axioo (studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang) / Aprilia Dwi Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian laptop Axioo (studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang) / Aprilia Dwi Rakhmawati

Rakhmawati, Aprilia Dwi (2011) Pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian laptop Axioo (studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang) / Aprilia Dwi Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci faktor psikologis konsumen keputusan pembelian Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin meningkatnya kebutuhan akan laptop membawa angin segar bagi perusahaan industri terutama di bidang teknologi informasi. Salah satu merek laptop yang digemari oleh sebagian masyarakat adalah merek Axioo. Perilaku para konsumen pengguna laptop Axioo ini tidak lepas dari pengaruh faktor-faktor psikologis yang membuat mereka memutuskan untuk membeli dan menggunakan laptop Axioo. Faktor psikologis itu sendiri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk yang dalam hal ini adalah laptop Axioo. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausalitas (asimetris). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang (2) pengaruh faktor psikologis konsumen yang terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) keyakinan dan sikap (X4) secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang (3) pengaruh faktor psikologis konsumen yang terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) keyakinan dan sikap (X4) secara simultan terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang (4) pengaruh faktor psikologis konsumen yang terdiri dari motivasi (X1) persepsi (X2) pembelajaran (X3) keyakinan dan sikap (X4) yang paling dominan terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang yang membeli dan menggunakan laptop Axioo. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 140 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Multistage Sampling yaitu pengambilan sampel secara bertahap. Adapun tahapan-tahapan tersebut antara lain teknik Stratified Sampling Proporsional Sampling dan Accidental Sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket tertutup karena alternatif-alternatif dari jawaban tersebut telah disediakan oleh penulis dan responden tinggal memilihnya. Angket atau kuesioner ini menggunakan skala pengukuran yang disebut Likert Scale atau Skala Likert. Hasil analisis deskriptif penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada variabel motivasi rata-rata jawaban responden adalah 3 66 yang masuk pada skor 4 yang berarti motivasi responden terhadap pembelian laptop Axioo baik (2) pada variabel persepsi rata-rata jawaban responden adalah 3 80 yang masuk pada skor 4 yang berarti persepsi responden terhadap pembelian laptop Axioo baik (3) pada variabel pembelajaran rata-rata jawaban responden adalah 3 54 yang masuk pada skor 4 yang berarti pembelajaran responden terhadap pembelian laptop Axioo baik (4) pada variabel keyakinan dan sikap rata-rata jawaban responden adalah 3 79 yang masuk pada skor 4 yang berarti keyakinan dan sikap responden terhadap pembelian laptop Axioo baik (5) pada variabel keputusan pembelian rata-rata jawaban responden adalah 3 85 yang masuk pada skor 4 yang berarti keputusan pembelian responden terhadap pembelian laptop Axioo baik. Sedangkan hasil analisis inferensial penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif signifikan motivasi secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang (2) terdapat pengaruh positif signifikan persepsi secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang (3) terdapat pengaruh positif signifikan pembelajaran secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang (4) terdapat pengaruh positif signifikan keyakinan dan sikap secara parsial terhadap keputusan pembelian laptop Axioo studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang (5) terdapat pengaruh positif signifikan faktor psikologis konsumen (motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap) secara simultan terhadap keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang. Adapun variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian laptop Axioo studi pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang adalah variabel keyakinan dan sikap. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor psikologis dapat mempengaruhi keputusan pembelian baik secara parsial maupun secara simultan. Motivasi persepsi pembelajaran keyakinan dan sikap mempengaruhi keputusan pembelian laptop Axioo pada mahasiswa strata 1 Universitas Negeri Malang sebesar 52% sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian Saran yang dapat berikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) perusahaan dalam hal ini laptop Axioo sebaiknya lebih memperdalam pengetahuan tentang apa yang menjadi kebutuhan konsumen (dalam hal kebutuhan akan laptop) memperbaiki persepsi konsumen yang memiliki persepsi negatif terhadap produk Laptop Axioo menambah pengetahuan konsumen mengenai produk laptop Axioo melalui iklan maupun pameran sehingga akan mampu mempengaruhi dalam hal ini faktor psikologis konsumen sehingga terdorong untuk membeli dan menggunakan laptop Axioo (2) peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya agar objek penelitian yang diambil lebih luas yaitu masyarakat umum dari berbagai golongan usia dan tempat penelitian yang lebih luas supaya data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel penelitian yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian selain variabel yang diteliti pada penelitian ini. Selain itu menyempurnakan kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini dan dapat dijadikan dasar pertimbangan ilmiah bagi kesempurnaan yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30901

Actions (login required)

View Item View Item