Pengaruh harga, merek, dan kualitas produk terhadap minat pembelian konsumen produk sepeda motor merek Yamaha (studi pada kepala keluarga di Dusun Bendungan Desa Landungsari) / Wanda Meilia Citraningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh harga, merek, dan kualitas produk terhadap minat pembelian konsumen produk sepeda motor merek Yamaha (studi pada kepala keluarga di Dusun Bendungan Desa Landungsari) / Wanda Meilia Citraningrum

Citraningrum, Wanda Meilia (2011) Pengaruh harga, merek, dan kualitas produk terhadap minat pembelian konsumen produk sepeda motor merek Yamaha (studi pada kepala keluarga di Dusun Bendungan Desa Landungsari) / Wanda Meilia Citraningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci harga merek kualitas produk minat pembelian Harga yang ditawarkan sebuah produk tentu akan sangat berbeda-beda. Konsumen dalam menyikapi varian harga yang ditawarkan tersebut pasti akan menyesuaikan dengan kemampuan daya beli disamping mempertimbangkan tentang kebutuhan akan produk tersebut. Selain harga merek juga merupakan hal yang mempengaruhi konsumen dalam memilih sebuah produk. Sebuah produk dikatakan memiliki merek yang unggul apabila merek mudah diingat mudah dikenali dipertimbangkan sebagai alternatif pilihan dan masih mengingat ketika menggunakan produk lain. Selain harga dan merek kualitas juga merupakan hal yang sangat dipertimbangkan. Dengan adanya kualitas yang baik maka kebutuhan serta kepuasan konsumen akan terpenuhi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi minat pembelian konsumen. Penelitian ini mempuyai 4 variabel yaitu 3 variabel bebas diantaranya harga (X1) merek (X2) dan kualitas produk (X3) dan variabel terikat (Y) adalah minat pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga di Dusun Bendungan Desa Landungsari yang biasanya sebagai pembuat keputusan dalam memilih sebuah produk. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Pengambilan jumlah sampel tersebut karena keterbatasan peneliti dalam hal tenaga biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh harga secara parsial terhadap minat pembelian sepeda motor merek Yamaha di Dusun Bendungan Desa Landungsari dengan nilai B 0 230 thitung 2 059 dan Signifikansi t 0 042 (2) terdapat pengaruh merek secara parsial terhadap minat sepeda motor merek Yamaha di Dusun Bendungan Desa Landungsari dengan nilai B 0 476 thitung 6 103 dan Signifikansi t 0 000 (3) tidak terdapat pengaruh kualitas produk secara parsial terhadap minat pembelian sepeda motor merek Yamaha di Dusun Bendungan Desa Landungsari dengan nilai B -0 095 thitung -0 667 dan Signifikansi t 0 506 dan (5) terdapat pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap minat pembelian sepeda motor merek Yamaha di Dusun Bendungan Desa Landungsari dengan nilai Fhitung 14 350 dan Signifikansi F 0 000 R 0 556 R square 0 310 dan Adjusted R Square 0 288. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan temuan yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah (1) Sepeda motor merek Yamaha telah memiliki harga yang sesuai dengan kemampuan konsumen merek yang unggul dan kualitas produk yang baik oleh karena harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan cara menciptakan produk yang mengutamakan standar mutu dan kualitas yang bagus ketika barang hendak dipasarkan. Dengan harga merek dan kualitas produk yang baik dan dapat diterima oleh konsumen maka dapat menjaga loyalitas konsumen sehingga tetap menggunakan sepeda motor merek Yamaha. (2) Ketatnya persaingan di pasar sepeda motor maka produsen sepeda motor merek Yamaha harus tetap menjaga konsistensi harga yang sesuai dengan kemampuan konsumen merek yang unggul dan kualitas produk yang baik serta mengikuti perubahan yang terjadi dengan tetap menjaga keunggulan produk. Perusahaan harus secara inovatif memperbaiki dan meningkatkan mutu produk sesuai dengan perkembangan yang disesuaikan dengan permintaan pasar. Karena mempertahankan pelanggan sangatlah penting bagi keberlangsungan perusahaan. (3) Peneliti menyarankan dalam penelitian selanjutnya agar objek penelitian yang diambil lebih baik yaitu masyarakat umum dari berbagai golongan baik usia jenis kelamin dan tempat penelitian yang lebih luas supaya data penelitian yang diperoleh lebih valid dan ruang lingkupnya lebih luas. (4) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dalam mengukur minat pembelian yang belum diketahui secara pasti tidak menggunakan rumus Slovin akan tetapi menggunakan rumus infinitive population dari Daniel dan Terrel. (5) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah variabel selain harga merek dan kualitas produk. Selain itu menyempurnakan kekurangan-kekurangan dalam penelitian ini dan dapat dijadikan dasar pertimbangan ilmiah bagi kesempurnaan yang ada. Perlu perhatian lebih mengenai permasalahan mengapa kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat pembelian sepeda motor merek Yamaha dalam penelitian ini. (6) Bagi peneliti selanjutnya juga disarankan untuk mencari solusi terkait permasalahan mengapa kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat pembelian mengingat kualitas produk merupakan variabel yang seringkali dipertimbangkan sebelum memilih sebuah produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30900

Actions (login required)

View Item View Item