Efektifitas bimbingan kelompok menggunakan modul bimbingan pribadi sosial untuk membentuk keterbukaan diri siswa SMP Negeri 1 Kandangan Kediri / Avif Maulinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas bimbingan kelompok menggunakan modul bimbingan pribadi sosial untuk membentuk keterbukaan diri siswa SMP Negeri 1 Kandangan Kediri / Avif Maulinda

Maulinda, Avif (2015) Efektifitas bimbingan kelompok menggunakan modul bimbingan pribadi sosial untuk membentuk keterbukaan diri siswa SMP Negeri 1 Kandangan Kediri / Avif Maulinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulinda Avif. 2015. Efektifitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Modul Bimbingan Pribadi Sosial untuk Membentuk Keterbukaan Diri Siswa SMP Negeri 1 Kandangan Kediri.Skripsi.Program StudiBimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. IM Hambali M. Pd. (II) Drs. LutfiFauzan M. Pd. Kata kunci modulbimbingan keterbukaandiri bimbingankelompok. Keterbukaan diri merupakan suatu hal yang kurang diperhatikan oleh beberapa siswa tetapi mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan hubungan siswa dengan orang di sekitarnya. Tidak semua siswa memiliki kemauan untuk membuka diri kepada orang lain setiap waktu. Salah satu upaya untuk membentuk keterbukaan diri adalah dengan melakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan modul bimbingan keterbukaan diri. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dengan menggunakan produk dari Yudan Ari Purwanto (2012) yang berupa modul bimbingan pribadi sosial untuk membentuk keterbukaan diri sebagai media pemberian informasi dan latihan untuk siswa SMP. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok menggunakan modul pribadi sosial untuk membentuk keterbukaan diri siswa di SMP Negeri 1 Kandangan Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan pra eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Teknikpengambilansampel yang digunakandalampenelitianiniadalahteknik sampling bertujuan (purposive sampling).Pretest diberikan kepada sampel penelitian yaitu kelas VII G SMP Negeri 1 Kandangan Kediri sebanyak 34 orang siswa sebagai kelompok eksperimen. Treatment dilaksanakan selama tiga minggu dengan tiga kali pertemuan yang diikuti oleh delapan siswa yang memiliki keterbukaan diri rendah. Pemberian posttest dilaksanakan untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri siswa setelah pemberian treatment menggunakan modul bimbingan keterbukaan diri pada kelompok eksperimen sebanyak 8 orang siswa. Data penelitian adalah tingkat keterbukaan diri dengan menggunakan instrumen analisis kasus keterbukaan diri. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik nonparametrik yaitu Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian dengan perhitungan menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai z sebesar -2 533 dan nilai signifikansi sebesar 0 011 serta dengan nilai probabilitas (p) sebesar 0 005 dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan modul bimbingan pribadi sosial efektif untuk membentuk keterbukaan diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan kepada konselor untuk menggunakan media layanan BK berupa Modul Bimbingan Pribadi Sosial karena efektif untuk Membentuk Keterbukaan Diri Siswa SMP Negeri 1 Kandangan Kediri. Bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan penelitian harus didasari dengan persiapan yang lebih matang dan terarah agar menciptakan sebuah media yang lebih baik dengan memperhatikan konten yang sesuai untuk mencapai tujuan utama yaitu membantu siswa yang mengalami kesulitan terbuka kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item