Pengembangan CD Multimedia pembelajaran mata pelajaran biologi kelas VIII semester II untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Probolinggo / Rovika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan CD Multimedia pembelajaran mata pelajaran biologi kelas VIII semester II untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Probolinggo / Rovika Sari

Sari, Rovika (2012) Pengembangan CD Multimedia pembelajaran mata pelajaran biologi kelas VIII semester II untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Probolinggo / Rovika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan CD multimedia pembelajaran mata pelajaran biologi Belajar adalah suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Proses belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Oleh karena itu belajar dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Salah satu pertanda bahwa seseorang itu telah belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada diri orang yang mungkin disebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan keterampilan atau sikapnya. Belajar biologi banyak memerlukan kegiatan pengamatan langsung interpretasi hasil pengamatan perancangan percobaan dengan mengendalikan berbagai macam variabel pengujian hasil pengamatan secara berulang-ulang penarikan kesimpulan baik secara empirik maupun rasional (hipotesis). Mata pelajaran biologi adalah salah satu bidang studi yang mengungkapkan gejala alam prinsip dan konsep pengetahuan alam serta keterkaitannya dengan lingkungan teknologi dan masyarakat. Berdasarkan hasil observasi diperoleh beberapa fakta pembelajaran Biologi di SMP Negeri 9 Probolinggo sebagai berikut (1) Proses pembelajaran pada mata pelajaran Biologi kelas VIII semester II belum pernah dilakukan pemanfataan media pembelajaran berupa multimedia karena kurang tersedianya waktu untuk membuat multimedia dan guru belum mampu merancang dan membuat multimedia (2) Sebagian besar kegiatan belajar mengajar Biologi diberikan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah diskusi dan eksperimen. Siswa seringkali hanya mendengarkan dan mencatat materi yang dijelaskan oleh guru (3) Di dalam kelas terdapat banyak siswa dengan berbagai perbedaan seperti perbedaan dalam hal latar belakang kecerdasan kebutuhan bakat minat dan pengalaman yang berasal dari lingkungan sosial masing-masing siswa (4) Banyaknya siswa yang tidak dapat memahami materi dengan metode pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru hal ini dapat dilihat melalui hasil belajar siswa. Siswa yang dapat mencapai KKM hanya 20% dari jumlah siswa dalam 1 kelas. Guru memberikan remidi kepada siswa yang belum memenuhi standar kelulusan dengan memberikan tes ulang. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami sebagai media pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Probolinggo. Tujuan khusus dari pengembangan ini adalah mengetahui kelayakan/kevalidan media yang dikembangkan serta menguji kefektifan media ini dalam proses belajar. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan yaitu penelitian yang mencatat meneliti dan mengadakan penyempurnaan terhadap semua kejadian yang berhubungan dengan proses pembelajaran sehingga ditemukan metode penyampaian dengan menggunakan CD multimedia pembelajaran. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan kepada ahli materi ahli media dan siswa dapat disimpulkan bahwa CD multimedia pembelajaran layak atau valid digunakan sebagai media pembelajaran biologi di kelas VIII. Dengan masing masing prosentase dari (1) Ahli materi (83 3%) dengan kriteria valid/ layak (2) Ahli media (92 5%) dengan kriteria valid/ layak (3) Siswa perorangan (96 6%) dengan kriteria valid/ layak (4) Siswa kelompok kecil (98 3%)dengan kriteria valid/ layak (5) Siswa kelompok besar (92 4%) dengan kriteria valid/ layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item