Pengaruh lingkungan dan perbedaan individu konsumen terhadap proses keputusan konsumen berbelanja (studi pada ibu rumah tangga konsumen Hypermart Malang Town Square) / Herlin Maretasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan dan perbedaan individu konsumen terhadap proses keputusan konsumen berbelanja (studi pada ibu rumah tangga konsumen Hypermart Malang Town Square) / Herlin Maretasari

Maretasari, Herlin (2011) Pengaruh lingkungan dan perbedaan individu konsumen terhadap proses keputusan konsumen berbelanja (studi pada ibu rumah tangga konsumen Hypermart Malang Town Square) / Herlin Maretasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengaruh Lingkungan konsumen Perbedaan Individu Proses Keputusan Konsumen Saat ini berkembangnya kegiatan pemasaran modern serta dalam rangka memasuki era perdagangan bebas telah terjadi perkembangan yang cukup besar di Indonesia terbukti saat ini banyak berdirinya supermarket. Dalam setiap mendirikan usaha kita tidak lepas dari peranan konsumen yang kita tuju yaitu dengan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhannya sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kondisi lingkungan konsumen dalam berbelanja di Hypermart MATOS (2) kondisi perbedaan individu konsumen dalam berbelanja di Hypermart MATOS (3) Pengaruh lingkungan dan perbedaan individu konsumen secara parsial dan simultan dalam berbelanja di Hypermart MATOS dan (4) Faktor yang dominan mempengaruhi proses keputusan konsumen berbelanja di Hypermart MATOS Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga konsumen Hypermart. Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik adalah simpel rendom sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 97 orang. Data diperoleh melalui responden dengan menggunakan alat pengumpul data berupa kuesioner tertutup dan diukur dengan menggunakan skala Likert. Dari hasil analisis data diperoleh 946 1 0 236 dan nilai thitung 2 447 signifikansi 0 016 nilai ini selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai t tabel 1 985 dan taraf siginifikansi 0 05 sehingga thitung ttabel dan signifikansi t 0 05 yang berarti bahwa hal ini membuktikan Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan konsumen dengan proses keputusan ibu rumah tangga dalam berbelanja di Hypermart MATOS di tolak sedangkan Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan konsumen dengan proses keputusan ibu rumah tangga dalam berbelanja di Hypermart MATOS diterima. Sedangkan dari hasil analisis data diperoleh 946 2 0 385 dan nilai thitung 3 995 nilai signifikansi 0 000 nilai ini selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai t tabel 1 985 dan taraf siginifikansi 0 05 sehingga thitung ttabel dan signifikansi t 0 05 yang berarti bahwa Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh yang signifikan antara perbedaan individu dengan proses keputusan ibu rumah tangga dalam berbelanja di Hypermart MATOS di tolak sedangkan Ha yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara perbedaan individu dengan proses keputusan ibu rumah tangga dalam berbelanja di Hypermart MATOS diterima. Pengaruh lingkungan konsumen dan perbedaan individu secara simultan terhadap proses keputusan keputusan ibu rumah tangga dalam berbelanja di Hypermart MATOS. Dari hasil analisis data diperoleh nilai 946 1 0 236 946 2 0 385 Fhitung 18 152 dengan signifikansi F 0 000 berarti bahwa lingkungan konsumen perbedaan individu mempunyai pengaruh secara simultan terhadap proses keputusan keputusan ibu rumah tangga dalam berbelanja di Hypermart MATOS. Saran yang dapat disampaikan bekaitan dengan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Hypermart MATOS harus lebih memperhatikan variabel-variabel lingkungan dan perbedaan individu konsumen dalam menentukan strategi kebijakan manajemen perusahaan agar dapat meningkatkan penjualan. Misalnya dengan memberikan informasi produk yang cukup jelas kepada konsumen dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para konsumen agar konsumen selalu mengingat produk-produk yang di Hypermart MATOS dan melakukan belanja di Hypermart MATOS. Pemberian pelayanan ini bisa berupa sikap karyawan lebih ramah dan bersahabat kepada para konsumen. (2) Ditinjau dari tingkat penghasilan bahwa sebagaian besar konsumen adalah golongan ekonomi menengah oleh karena harga produk yang ditawarkan harus sesuai penghasilan konsumen. (3) Kepada peneliti berikutnya yang mengadakan penelitian pada Hypermart MATOS untuk mengadakan penelitian lebih lanjut pada variabel lain diluar variabel yang diteliti ini yang berpengaruh terhadap proses keputusan berbelanja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30899

Actions (login required)

View Item View Item