Analisis komparatif kinerja keuangan bank devisa dengan bank non devisa di Indonesia (2007-2009) / Prima Ardi Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis komparatif kinerja keuangan bank devisa dengan bank non devisa di Indonesia (2007-2009) / Prima Ardi Kusuma

Kusuma, Prima Ardi (2010) Analisis komparatif kinerja keuangan bank devisa dengan bank non devisa di Indonesia (2007-2009) / Prima Ardi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kinerja Keuangan Bank CAMEL Bank Devisa Bank Non Devisa Kinerja keuangan bank merupakan gambaran kondisi keuangan bank pada suatu periode waktu tertentu baik menyangkut aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal likuiditas dan profitabilitas bank. Dalam penelitian ini menggunakan analisis CAMEL karena analisis ini yang dipakai oleh Bank Indonesia untuk dapat mengukur dan membandingkan kinerja bank-bank yang ada di Indonesia. Rasio-rasio CAMEL yang digunakan adalah CAR RORA NPM ROA dan LDR. Subyek dalam penelitian ini adalah bank devisa dan bank non devisa. Bank devisa merupakan bank yang melakukan transaksi dalam dan luar negeri sedangkan bank non devisa merupakan bank yang belum mempunyai izin untuk melakukan transaksi ke luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja keuangan bank devisa dan non devisa ditinjau dari aspek Capital Asset Quality Management Earning dan Liquidity (2) perbedaan kinerja keuangan bank devisa dan bank non devisa melalui rasio CAMEL. Data yang digunakan bersumber dari laporan keuangan bank tahun 2007- 2009. Populasi yang digunakan adalah semua bank devisa dan bank non devisa di Indonesia baik yang terdaftar dalam PT Bursa Efek Indonesia maupun tidak selama tahun 2007-2009 sebanyak 67 bank namun setelah digunakan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 24 bank yaitu 13 bank devisa dan 11 bank non devisa.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik parametrik dengan metode uji-t pada program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan bank devisa dan bank non devisa ditinjau dari aspek Asset Quality yang diukur menggunakan rasio RORA (Return On Risked Asset) dan Earning yang diukur menggunakan rasio ROA (Return On Asset) (2) terdapat perbedaan kinerja keuangan bank devisa dan bank non devisa ditinjau dari aspek Capital yang diukur menggunakan rasio CAR (Capital Adequacy Ratio) Management yang diukur menggunakan rasio NPM (Net Profit Margin) dan Liquidity yang diukur menggunakan rasio LDR (Loan to Deposit Ratio) (3) tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan bank devisa dan bank non devisa ditinjau dari aspek CAMEL. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar pihak bank untuk meningkatkan kinerja serta memenuhi nilai kredit/ rasio yang ditetapkan sehingga kondisi kesehatan bank tetap terjaga dan tingkat kepercayaan masyarakat pun akan meningkat. Bagi masyarakat dan investor hasil penelitian ini supaya dapat digunakan sebagai informasi dalam pengambilan keputusan mereka untuk menginvestasikan dana mereka pada jenis bank yang bersangkutan. Bagi penelitian lebih lanjut yang sejenis dengan penelitian ini disarankan memperluas sampel penelitian data penelitian maupun kedalaman analisisnya. Misalnya dengan menggunakan aspek sensitivity to market risk sehingga memungkinkan akan diperoleh hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30893

Actions (login required)

View Item View Item