Pengaruh penggunaan metode three focus steve snyder terhadap pemahaman membaca siswa kelas vii smp sabilurrosyad / Muhammad Taufiq Rizqi Abdullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode three focus steve snyder terhadap pemahaman membaca siswa kelas vii smp sabilurrosyad / Muhammad Taufiq Rizqi Abdullah

Abdullah, Muhammad Taufiq Rizqi (2024) Pengaruh penggunaan metode three focus steve snyder terhadap pemahaman membaca siswa kelas vii smp sabilurrosyad / Muhammad Taufiq Rizqi Abdullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas Metode Three Focus Stave Synder terhadap pemahaman membaca siswa. Pemahaman membaca merupakan keterampilan penting yang mendasari keberhasilan akademik karena kemampuan ini mencakup pemahaman analisis dan refleksi. Metode penelitian yang diterapkan adalah Pre-eksperimen dengan rancangan pretest-posttest. Sampel terdiri dari 31 siswa kelas VII yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian meliputi kuesioner motivasi belajar dan tes pemahaman membaca. Data dianalisis menggunakan ANOVA dan korelasi Spearman dengan bantuan software Mini-Tab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan pemahaman membaca dan motivasi belajar siswa setelah penerapan Metode tersebut. Nilai rata-rata posttest untuk kemampuan pemahaman membaca meningkat dari 62 menjadi 72 sementara motivasi belajar meningkat dari 63 39 menjadi 75 16. Analisis ANOVA menunjukkan bahwa nilai P-value untuk kemampuan dan motivasi siswa lebih kecil dari alpha (0 01) yang berarti hipotesis null ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Korelasi Spearman juga menunjukkan hubungan yang kuat antara pretest dan posttest untuk kedua variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:29
Last Modified: 23 Oct 2024 02:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308928

Actions (login required)

View Item View Item