Pengembangan modul pembelajaran teks fantasi berbasis budaya lokal tulungagung untuk siswa kelas vii / Sindy Firnanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran teks fantasi berbasis budaya lokal tulungagung untuk siswa kelas vii / Sindy Firnanda

Firnanda, Sindy Firnanda (2024) Pengembangan modul pembelajaran teks fantasi berbasis budaya lokal tulungagung untuk siswa kelas vii / Sindy Firnanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Guru masih menemukan beberapa permasalahan di antaranya banyak siswa yang kesulitan mengenali karakteristik fantasi dan kesulitan menulis teks fantasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran teks fantasi berbasis budaya lokal untuk siswa kelas VII. Di dalam penelitian ini berisikan deskripsi karakteristik modul pembelajaran teks fantasi berbasis budaya lokal dan paparan data kelayakan modul pembelajaran teks fantasi berbasis budaya lokal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R amp D). Penelitian ini diawali dengan tahap analisis kebutuhan siswa pembuatan desain produk uji validasi produk dan penyebarluasan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dengan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berupa produk berbentuk modul pembelajaran teks fantasi yang terdiri atas tiga kegiatan belajar. Pada kegiatan belajar 1 berisikan materi tentang struktur teks fantasi. Selanjutnya pada kegiatan belajar 2 berisikan materi tentang kebahasaan teks fantasi. Pada kegiatan belajar 3 berisikan materi tentang penulisan teks fantasi. Pada setiap kegiatan belajar disertai contoh teks berbasis budaya lokal yang memudahkan siswa untuk mempelajari materi yang disediakan. Modul pembelajaran teks fantasi memang dibutuhkan sebagai modul pelengkap pembelajaran teks fantasi. Modul pembelajaran ini dikategorikan layak digunakan berdasarkan perolehan nilai dari validator 1 sebesar 83 3% validator 2 sebesar 81 25% dan validator 3 sebesar 98 7%. Manfaat penelitian ini dilakukan untuk melengkapi bahan ajar yang telah ada khususnya materi teks fantasi yang dapat digunakan secara mandiri dan menjembatani Guru Bahasa Indonesia membuat materi yang menarik serta menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308916

Actions (login required)

View Item View Item