Peningkatan kemampuan menulis kreatif teks fantasi dengan menggunakan strategi pisang raja (pisah, rangsang, rancang, jadikan) pada siswa kelas vii mts negeri 8 tulungagung / Lutfi Nur Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis kreatif teks fantasi dengan menggunakan strategi pisang raja (pisah, rangsang, rancang, jadikan) pada siswa kelas vii mts negeri 8 tulungagung / Lutfi Nur Rohmawati

Rohmawati, Lutfi Nur Rohmawati (2024) Peningkatan kemampuan menulis kreatif teks fantasi dengan menggunakan strategi pisang raja (pisah, rangsang, rancang, jadikan) pada siswa kelas vii mts negeri 8 tulungagung / Lutfi Nur Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran menulis teks fantasi merupakan salah satu kompetensi yang harus ditempuh oleh siswa SMP sederajat. Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat menulis teks fantasi dengan baik. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan menulis kreatif teks fantasi siswa berkategori rendah. Rendahnya kemampuan menulis disebabkan oleh kurangnya minat dan antusias siswa sehingga banyak kesulitan yang dialami seperti kesulitan saat menciptakan ide membuat kerangka dan mengembangkan alur cerita. Oleh karena itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa. Peneliti merancang strategi PISANG RAJA yang merupakan gabungan dari kata Pisah Rangsang Rancang dan Jadikan. Strategi PISANG RAJA mengombinasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan saintifik serta penggunaan media rangsangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif teks fantasi dengan menggunakan strategi PISANG RAJA pada siswa kelas VII MTs Negeri 8 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan II. Sebelum tindakan siklus I peneliti melakukan tahap pratindakan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa saat menulis. Setelah mengetahui kendala yang dihadapi siswa peneliti menerapkan strategi PISANG RAJA sebagai upaya meningkatkan kemampuan menulis siswa pada siklus I dan II. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 30 siswa kelas VII B MTs Negeri 8 Tulungagung sebagai subjek penelitian. Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara angket observasi tes dan dokumentasi. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh selama kegiatan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa penggunaan strategi PISANG RAJA dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis teks fantasi siswa. Perubahan positif dalam proses pembelajaran terlihat dari sikap siswa yang semakin aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung. Kreativitas dan percaya diri siswa juga meningkat setelah pemberian materi dan media rangsangan. Hasil menulis teks fantasi siswa kelas VII B mengalami peningkatan setelah menggunakan strategi PISANG RAJA. Sebelum menggunakan strategi PISANG RAJA siswa kesulitan saat menentukan ide mengembangkan tokoh dan mengembangkan alur. Kesulitan tersebut mengakibatkan ide cerita yang ditulis siswa sangat terbatas dan memiliki kesamaan dengan cerita yang ada. Selanjutnya pengembangan tokoh dan alur juga berkategori kurang karena banyak siswa belum menyelesaikan tugas menulis teks fantasi. Peningkatan kemampuan menulis dapat dilihat pada subkemampuan menciptakan ide subkemampuan mengembangkan tokoh dan subkemampuan mengembangkan alur. Pada subkemampuan menciptakan ide siklus I terdapat 20 siswa mendapat skor 2 dan 10 siswa mendapat skor 1. Kemampuan menciptakan ide mengalami peningkatan pada siklus II dengan hasil 5 siswa mendapat skor 3 dan 25 siswa mendapat skor 2. Pada subkemampuan mengembangkan tokoh siklus I terdapat 20 siswa mendapat skor 2 dan 10 siswa mendapat skor 1. Kemampuan mengembangkan tokoh siswa mengalami peningkatan pada siklus II dengan hasil 15 siswa mendapat skor 3 dan 15 siswa mendapat skor 2. Pada kemampuan mengembangkan alur siklus I terdapat 5 siswa mendapat skor 3 20 siswa mendapat skor 2 dan 5 siswa mendapat skor 1. Kemampuan mengembangkan alur siswa mengalami peningkatan pada siklus II dengan hasil 15 siswa mendapat skor 3 dan 15 siswa mendapat skor 2. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan strategi PISANG RAJA dapat meningkatkan kemampuan menulis teks fantasi siswa. Berkaitan dengan hal tersebut disarankan guru memilih strategi yang tepat sesuai kebutuhan siswa. Apabila guru menemui siswa kesulitan menciptakan ide membuat kerangka mengembangkan alur cerita dan kurangnya minat siswa saat menulis disarankan untuk menggunakan strategi PISANG RAJA sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan dan mengoptimalkan pelaksanaan strategi menjadi lebih bervariasi pada pembelajaran menulis teks fantasi atau teks lainnya. Pengembangan strategi ini dapat dilakukan dengan memperbanyak media rangsangan stik imajinasi menggunakan objek pada dunia nyata yang kemudian akan difantasikan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308915

Actions (login required)

View Item View Item