Pengembangan modul pembelajaran menulis teks fabel mengunaan strategi benggala (fabel tanggal lahir) untuk peserta didik kelas viii smp / Dhara Maritza Nareswari Hasim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran menulis teks fabel mengunaan strategi benggala (fabel tanggal lahir) untuk peserta didik kelas viii smp / Dhara Maritza Nareswari Hasim

Hasim, Dhara Maritza Nareswari Hasim (2024) Pengembangan modul pembelajaran menulis teks fabel mengunaan strategi benggala (fabel tanggal lahir) untuk peserta didik kelas viii smp / Dhara Maritza Nareswari Hasim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan yang sering muncul dalam mengajar menulis teks khususnya teks fabel di mana siswa kerap mengalami kesulitan dalam menghasilkan ide dan mengungkapkan kreativitas dalam menulis. Untuk itu dikembangkan strategi penulisan teks yang inovatif yaitu strategi benggala (Fabel Tanggal Lahir) yang berfokus pada pembelajaran menulis teks fabel sesuai dengan kebutuhan siswa. Modul pembelajaran ini mengacu pada Kurikulum Merdeka dan melibatkan peran pendidik sebagai fasilitator. Tujuan utamanya adalah membantu siswa mengembangkan keterampilan menulis kreatif dan memahami nilai-nilai kehidupan dalam fabel serta memberikan pengetahuan teknis dalam menulis. Penelitian ini juga menyoroti perbedaan dengan penelitian sebelumnya dalam metode pengembangan dan jenis produk yang dihasilkan. Berdasarkan gambaran awal yang telah disajikan berikut adalah tujuan penelitian yang dijalankan dalam konteks topik yang dibahas (1) menghasilkan pengembangan model dan strategi pada pembelajaran menulis teks fabel menggunakan strategi ldquo benggala rdquo (Fabel Tanggal Lahir) (2) menghasilkan panduan penggunaan strategi ldquo benggala rdquo (Fabel Tanggal Lahir). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa sebuah modul menulis teks fabel dengan menggunakan strategi benggala. Produk ini dikembangkan dengan mengadaptasi tahapan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analisis (kinerja analisis siswa analisis fakta konsep prinsip dan prosedur materi pembelajaran analisis tujuan pembelajaran) desain pengembangan impelementasi dan evaluasi. Penelitian ini menghasilkan pengembangan model dan strategi pada pembelajaran menulis teks fabel yang dituangkan dalam sebuah modul atau panduan implementasi penulisan teks fabel. Modul ini mempunyai beberapa bagian di antaranya (1) pendahuluan daftar isi kata pengantar capaian umum capaian pembelajaran kompetensi awal Profil Pelajar Pancasila pemahaman bermakna tujuan amp urgensi modul model pembelajaran asesmen pembelajaran panduan penggunaan modul tabel strategi benggala dan petunjuk penulisan strategi benggala (2) unit 1 pengenalan teks fabel prakegiatan (teks fabel Kelinci dan Kura-Kura Kancil dan Buaya) pengertian fabel kegiatan 1 dan 2 (menulis teks fabel secara ringkas melalui lagu anak-anak Semut Kecil dan Si Komo) struktur fabel contoh teks fabel dan ciri kebahasaan (3) unit 2 penulisan teks fabel prakegiatan (pengenalan strategi benggala) contoh fabel berdasarkan tabel strategi benggala dan penulisan teks fabel (4) unit 3 penyuntingan teks fabel prakegiatan evaluasi formatif dengan teman sejawat dan penyuntingan teks fabel dan (5) evaluasi evaluasi sumatif oleh pendidik sebagai fasilitator. Strategi Benggala yang merupakan singkatan dari Fabel Tanggal Lahir merujuk pada suatu pendekatan yang digunakan dalam penulisan teks fabel dimana tanggal lahir menjadi acuan utama yang mempengaruhi pengembangan narasi. Strategi Benggala mendukung peserta didik untuk mengasah kemampuan mereka dalam menulis fabel sambil tetap mempertahankan elemen-elemen kunci yang membuat fabel menjadi karya sastra yang bermakna dan menghibur. Setelah dilakukan uji coba dan uji keefektifan produk pada para ahli praktisi dan peserta didik diperoleh hasil data kuantitatif sebanyak 82% yang mana telah mencapai kategori 3 dengan persentase sebanyak 70% mdash 85%. Maka dari itu modul ini dinyatakan tergolong layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308914

Actions (login required)

View Item View Item