Peningkatan keterampilan menulis teks cerpen melalui stimulus film pendek bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas ix smp negeri 2 dampit / Hellena Puri Trisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis teks cerpen melalui stimulus film pendek bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas ix smp negeri 2 dampit / Hellena Puri Trisnawati

Trisnawati, Hellena Puri Trisnawati (2024) Peningkatan keterampilan menulis teks cerpen melalui stimulus film pendek bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas ix smp negeri 2 dampit / Hellena Puri Trisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis adalah tindakan secara sadar yang dilakukan oleh manusia untuk mengekspresikan ide gagasan pikiran perasaan atau pengalaman melalui tulisan yang tersusun secara sistematis menggunakan kalimat yang teratur sehingga memungkinkan pembaca untuk memahami pesan yang disampaikan oleh penulis. Menulis merupakan bagian dari aktivitas pembelajaran peserta didik untuk memudahkan mereka berpikir kritis memberikan pengalaman serta meningkatkan daya tanggap peserta didik dalam menyusun urutan peristiwa yang mereka alami. Namun dalam pembelajaran menulis seringkali siswa kurang mendapatkan rangsangan yang cukup yang berakibat pada kesulitan siswa dalam menemukan ide atau sumber informasi untuk mengembangkan tulisannya. Maka dari itu diperlukan metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi tantangan dalam menulis teks cerpen. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis kreatif teks cerita pendek melalui stimulus film pendek bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Dampit. Stimulus adalah rangsangan atau dorongan yang diberikan kepada siswa untuk mendapatkan respon terhadap tindakan tersebut. Stimulus berfungsi sebagai rangsangan yang kemudian menghasilkan kemampuan dan berakhir sebagai hasil belajar yang maksimal. Selain meningkatkan keterampilan menulis siswa diharapkan juga memperoleh pendidikan karakter dari pembelajaran teks cerpen melalui stimulus tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dipakai dalam penelitian ini dan terdiri dari dua siklus. Satu siklus penelitian tindakan kelas terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Dampit. Data diperoleh melalui hasil observasi wawancara angket tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan kuantitatif deskriptif dan analisis kualitatif deskriptif. Dari analisis data penelitian hasil menunjukkan bahwa penggunaan stimulus film pendek bermuatan pendidikan karakter bisa meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks cerita pendek. Melalui stimulus siswa dirangsang untuk berimajinasi dan berkreasi sehingga mereka mampu menciptakan hasil karya teks cerpen yang maksimal. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan II adalah tes menulis cerpen melalui stimulus film pendek bermuatan pendidikan karakter. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan peningkatan menulis teks cerpen ditunjukkan pada tahap prasiklus jumlah nilai yang diperoleh siswa yaitu 1738 dengan rata-rata 56 05% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 2219 dengan rata-rata 71 57%. Setelah diberikan perbaikan lagi di siklus II jumlah nilai yang diperoleh siswa meningkat 2584 dengan rata-rata 83 37%. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan stimulus film pendek bermuatan pendidikan karakter memberikan pengaruh yang positif dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Dampit. Pemanfaatan media film pendek bermuatan pendidikan karakter dapat menstimulasi minat belajar peserta didik dalam menulis cerpen. Hadirnya stimulus tersebut dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Stimulus juga mempermudah peserta didik yang sebelumnya kesulitan menentukan ide mengembangkan alur serta menciptakan tokoh kini terjadi peningkatan terhadap tiga subkemampuan tersebut sehingga dapat diartikan bahwa stimulus ini sangat berpengaruh terhadap hasil karya peserta didik. Penelitian ini dapat menjadi alternatif bagi guru bahasa Indonesia terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308910

Actions (login required)

View Item View Item