Sari, Rahantika Sari (2024) Aspek persuasif dalam iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube / Rahantika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sari Rahantika. 2024. Aspek Persuasif dalam Iklan Komersial Makanan Ringan di Media Sosial YouTube. Skripsi. Departemen Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. Kata Kunci persuasif iklan makanan ringan media sosial youtube. Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berinteraksi. Bahasa tidak hanya memiliki fungsi sebagai alat komunikasi melainkan dapat dijadikan sebagai media promosi. Iklan termasuk bentuk bahasa yang dapat dijadikan media promosi untuk pengusaha individu organisasi atau lembaga pemerintahan dalam mengutarakan informasi yang sifatnya menguntungkan. Iklan diciptakan untuk mempengaruhi cara orang berpikir dan merespon iklan yang dipasang. Citra dari sebuah iklan berasal dari pemakaian bahasa. Iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube memiliki keunikan khusus dalam mengkampanyekan atau memasarkan produk dari segi tampilan isi kalimat yang manis dan kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan data analisis. Pendekatan tersebut dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan teknik komunikasi persuasif yang digunakan dalam iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube (2) mendeskripsikan dan menjelaskan sifat bahasa persuasif dalam iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube (3) mendeskripsikan dan menjelaskan pesan persuasif dalam iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube. Data dalam penelitian ini berupa data verbal dan non verbal. Data verbal berupa kutipan kata frasa atau kalimat yang dituturkan oleh pemeran iklan. Data non verbal berupa setting lokasi properti warna video serta tindak lakuan yang dilakukan pemeran iklan. Sumber data penelitian ini adalah video iklan komersial makanan ringan di media sosial YouTube yang diterbitkan pada tahun 2020-2023. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah mengkaji data verbal dan non verbal yang mengandung aspek persuasif. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan tentang teknik komunikasi persuasif sifat bahasa persuasif dan pesan persuasif dalam iklan makanan ringan di media sosial youtube. Ketiga temuan tersebut dipaparkan berikut ini. Pertama teknik komunikasi persuasif dalam iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube menerapkan lima teknik komunikasi persuasif. Teknik sugesti yang diungkapkan dengan kalimat yang mengunggulkan kebaruan yang dimiliki makanan ringan kenikmatan yang akan didapat detail produk harga dan kualitas yang dimiliki produk. Teknik konformitas yang diungkapkan dengan kalimat yang menawarkan produk dan keinginan yang diharapkan oleh konsumen. Teknik identifikasi dipaparkan dengan kalimat yang memposisikan diri sebagai konsumen agar konsumen beranggapan bahwa penulis berada dipihaknya. Teknik Rasionalisasi yang diungkapkan dengan kalimat mengunggulkan kandungan isi yang terdapat dalam makanan ringan. Teknik kompensasi dipaparkan dengan kalimat yang menjamin konsumen untuk mendapatkan sebuah hadiah jika membeli makanan ringan yang sedang diiklankan. Kedua sifat bahasa persuasif dalam iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube menerapkan empat sifat bahasa persuasif. Sifat bahasa penegasan yang ditandai dengan kalimat penegasan varian baru bahan yang digunakan rasa produk dan kualitas produk. Sifat bahasa anjuran ditandai dengan kalimat mengarahkan pembaca yang bersifat menganjurkan pembaca untuk melakukan tindakan sesuai yang ditawarkan penulis saat membaca iklan. Sifat bahasa perintah ditandai dengan kalimat memerintah pembaca secara langsung untuk mencoba makanan ringan yang sedang diiklankan. Sifat bahasa ajakan ditandai dengan kalimat-kalimat yang bersifat ajakan secara langsung. Ketiga pesan persuasif dalam iklan komersial makanan ringan di media sosial youtube menerapkan dua pesan persuasif. Pesan persuasif implisit yang disampaikan dengan cara tidak langsung. Pesan tersebut disampaikan dengan cara mengunggulkan produk dari segi kebaruan kualitas harga detail produk. Pesan persuasif eksplisit yang disampaikan secara langsung. Pesan tersebut disampaikan melalui kalimat-kalimat ajakan yang digunakan penulis untuk meyakinkan pembaca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |