Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen berbantuan labirin peristiwa untuk siswa kelas ix smp / Irma Maulida Nurkhasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen berbantuan labirin peristiwa untuk siswa kelas ix smp / Irma Maulida Nurkhasanah

Nurkhasanah, Irma Maulida Nurkhasanah (2024) Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen berbantuan labirin peristiwa untuk siswa kelas ix smp / Irma Maulida Nurkhasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis cerpen bukan hanya sekadar kompetensi berbahasa namun juga sebuah bentuk ekspresi diri dan kreativitas yang penting. Akan tetapi pembelajaran menulis cerpen sering kali dihadapi dengan sejumlah tantangan. Minat siswa dalam menulis cerpen cenderung menurun karena mereka menganggapnya sebagai tugas yang membosankan. Kurangnya bahan ajar yang inovatif adalah salah satu sebab kebosanan terjadi. Guru perlu membuat bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal yang dapat dilakukan untuk membuat bahan ajar lebih menarik adalah dengan menambahkan labirin di dalamnya. Dengan adanya labirin peristiwa dalam bahan ajar ini akan membantu siswa dalam menentukan alur sebuah cerita dan mengembangkan imajinasinya. Berdasarkan pemaparan tersebut penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis teks cerpen dan labirin peristiwa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang memiliki empat tahapan yaitu pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Tutur Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan angket validasi. Kemudian bentuk data penelitian berupa data kualitatif (hasil wawancara dan saran perbaikan) dan data kuantitatif (hasil angket validasi dan respon siswa). Analisis data kualitatif dilakukan dengan mengidentifikasi mengelompokkan menyajikan dan menyimpulkan sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan rumus persentase dan tabel kriteria kelayakan. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar menulis teks cerpen dengan menggunakan landasan teori menulis terbimbing yang memuat materi persiapan penulisan dan penyuntingan serta disajikan dalam bentuk cetak. Bahan ajar ini telah divalidasi oleh ahli dan dinyatakan layak. Sajian bahan ajar meliputi (a) kata pengantar (b) daftar isi (c) pendahuluan yang terdiri atas deskripsi singkat tujuan kompetensi dasar model pembelajaran manfaat bahan ajar petunjuk belajar untuk guru dan siswa peta konsep (d) isi materi yang terdiri atas tiga unit yaitu persiapan yang memuat materi menulis kerangka teks cerpen unit menulis yang memuat materi langkah-langkah menulis teks cerpen dan unit penyuntingan yang memuat materi penyuntingan isi cerpen dan bahasa cerpen (e) rangkuman (f) latihan (g) daftar pustaka (h) glosarium (i) rubrik penilaian serta (j) umpan balik dan tindak lanjut. Penelitian ini juga menghasilkan labirin peristiwa yang terdiri atas labirin 1 yang memuat 162 alternatif alur cerita dengan tema perjuangan hidup yang dijadikan sebagai contoh dalam pengerjaan dan labirin 2 yang memuat 540 alternatif alur cerita dengan tema persahabatan yang dijadikan sebagai evaluasi akhir. Labirin peristiwa memuat unsur-unsur cerpen yaitu tokoh watak latar tempat latar waktu latar suasana konflik dan penyelesaian yang setiap unsurnya ditandai oleh huruf abjad.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308904

Actions (login required)

View Item View Item