Budaya dalam buku ajar bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa) yang berjudul “literasi komunikasi berbasis budaya” / Fianti Putri Erwintha - Repositori Universitas Negeri Malang

Budaya dalam buku ajar bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa) yang berjudul “literasi komunikasi berbasis budaya” / Fianti Putri Erwintha

Erwintha, Fianti Putri Erwintha (2024) Budaya dalam buku ajar bahasa indonesia bagi penutur asing (bipa) yang berjudul “literasi komunikasi berbasis budaya” / Fianti Putri Erwintha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) adalah program yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini bertujuan memudahkan penutur asing untuk belajar bahasa Indonesia yang memuat keterampilan menyimak membaca berbicara dan menulis. Pelajar BIPA tidak hanya belajar berbahasa tetapi juga mengetahui dan mengenal beragam budaya baik makanan atau permainan yang menjadi ciri khas di Indonesia seperti batik wayang kulit dangdut ketapel dan lainnya. Bahasa dan budaya merupakan bagian yang saling berhubungan atau tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Budaya sangat memengaruhi seseorang dalam mempelajari bahasa. Kegiatan pembelajaran BIPA membutuhkan bahan ajar yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran berupa buku ajar. Buku ajar berperan penting sebagai penunjang selama pelaksanaan proses pengajaran BIPA dan membantu penutur asing untuk memahami materi BIPA dengan mudah. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai pengenalan budaya dalam buku ajar BIPA terkait ragam budaya model penyajian materi dan model pelatihan. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif karena menganalisis unsur-unsur budaya dalam buku ajar. Data yang digunakan yakni data tertulis atau catatan yang berhubungan dengan ragam budaya model penyajian dan bentuk latihan pengenalan budaya dalam buku ajar BIPA. Buku ajar BIPA Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1 menjadi sumber data penelitian ini. Peneliti berperan penting dalam penelitian ini yakni sebagai instrumen kunci. Teknik studi dokumen berupa simak dan catat merupakan teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Model Miles dan Huberman (2014) digunakan sebagai teknik analisis data penelitian ini yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan ragam budaya model penyajian materi dan bentuk latihan pengenalan budaya dalam buku ajar BIPA Literasi Komunikasi Berbasis Budaya. Ragam budaya yang ditemukan meliputi kebendaan perilaku dan pengetahuan. Materi pengenalan budaya disajikan dengan beberapa model berupa dialog gambar kosakata dan tata bahasa dan teks multimodal. Bentuk latihan yang ditemukan dalam buku ajar BIPA tersebut terdiri atas bentuk latihan melengkapi memilih menjawab pertanyaan dan penugasan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa buku ajar Literasi Komunikasi Berbasis Budaya memuat budaya mulai dari salam perkenalan gotong royong permainan tradisional alat transportasi dan makanan tradisional. Selain itu penyajian materi dan soal latihan dalam buku ajar juga dapat membantu pelajar BIPA mengetahui dan memahami keragaman budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308902

Actions (login required)

View Item View Item