Pratiwi, Sari Dwiandi (2024) Pengembangan bahan ajar digital menulis teks resensi untuk siswa kelas xi sma berbasis kurikulum merdeka / Sari Dwiandi Pratiwi</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengembangan modul digital menulis teks resensi bertujuan menghasilkan produk berupa modul digital menulis teks resensi cerita pendek sebagai bahan ajar alternatif yang membantu siswa mengembangkan kemampuan siswa menulis sebuah resensi karya sastra serta mengembangkan pola berpikir kritis dengan membangun argumentasi berdasarkan fakta pada teks resensi yang disusun siswa-siswa kelas XI SMA sesuai dengan tuntutan dalam kurikulum merdeka yang mengharapkan siswa untuk memiliki pemikiran kritis. Modul ini berbentuk PDF Escape yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation) yang diciptakan oleh Dick dan Carry. Pengembangan modul digital melalui 5 tahapan yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut kelas XI-F yang terdiri atas 38 siswa. Hasil uji validasi media dan materi diperoleh penilaian sebesar 85% dan 77% menunjukkan tingkat kelayakan produk untuk dipergunakan sebagai bahan ajar alternatif pada pembelajaran menulis teks resensi. Siswa merespon dengan baik ketika uji coba lapangan dilaksanakan peserta didik tampak tertarik untuk mempergunakan modul digital menulis teks resensi sebagai alternatif bahan ajar disamping buku teks.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |