Rosida, Septiana Makrifatul Rosida (2024) Muatan kognisi perlatihan membaca pemahaman dalam buku teks siswa bahasa indonesia kelas vii kurikulum merdeka / Septiana Makrifatul Rosida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rosida Septiana Makrifatul. 2023. Muatan Kognisi Perlatihan Membaca Pemahaman dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka. Skripsi. Departemen Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nurchasanah M.Pd. Kata Kunci membaca pemahaman kritis membaca pemahaman kreatif buku teks Membaca pemahaman merupakan aktivitas yang bertujuan memaknai bacaan menyeluruh. Keterampilan membaca pemahaman tingkat tinggi terdapat tiga jenis yakni membaca pemahaman kritis membaca pemahaman kreatif dan membaca interpretatif. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui muatan kognisi keterampilan membaca pemahaman kritis melalui indikator (1) interpretasi (2) analisis (3) evaluasi (4) inferensi (5) penjelasan dan (6) pengaturan diri serta muatan kognisi keterampilan membaca pemahaman kreatif dengan indikator (1) berpikir lancar (2) berpikir luwes (3) berpikir orisinil dan (4) berpikir terperinci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku teks siswa kelas VI bahasa Indonesia kurikulum merdeka. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dengan data penelitian berupa latihan-latihan soal dalam buku teks yang memuat indikator membaca pemahaman kritis dan membaca pemahaman kreatif. Penganalisisan data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui validitas data dan reliabilitas data. Validitas data dilakukan melalui validitas semantik dan reliabilitas data melalui (1) meningkatkan ketekunan (2) berdiskusi bersama teman sejawat dan dosen pembimbing. Hasil penelitian menunjukan perlatihan membaca pemahaman kritis dan membaca pemahaman kreatif beragam. Pada perlatihan membaca pemahaman kritis ditemukan indikator interpretasi ditandai dengan kata kerja operasional berupa menafsirkan memprediksi dan memaknai indikator analisis yang ditandai dengan munculnya kata kerja operasional menganalisis membandingkan menemukan menentukan dan mengorganisir indikator evaluasi yang ditandai dengan munculnya kata kerja operasional memeriksa menilai mengevaluasi berargumen dan membuktikan indikator inferensi ditandai dengan kata kerja operasional menyimpulkan merangkum merasionalisasikan dan menduga indikator penjelasan ditandai dengan kata kerja operasional menceritakan menjabarkan dan menyampaikan indikator pengaturan diri ditandai dengan kata kerja operasional menyelidiki dan memecahkan masalah. Sementara itu dalam muatan kognisi membaca pemahaman kreatif ditemukan indikator berpikir lancar yang ditandai dengan kata kerja operasional memberi gagasan dan menyelesaikan masalah indikator berpikir luwes ditandai dengan kata kerja operasional mencari alternatif ide dan mengubah cara berpikir indikator berpikir orisinil ditandai dengan modifikasi ide dan menciptakan gagasan indikator berpikir terperinci ditandai dengan menyusun ide dan mengkombinasikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |