Nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen guru, hidupmu hanya untuk kami karya eidelweis almira serta relevansinya dengan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka profil pelajar pancasila / Bramasta</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen guru, hidupmu hanya untuk kami karya eidelweis almira serta relevansinya dengan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka profil pelajar pancasila / Bramasta</p>

Bramasta (2024) Nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen guru, hidupmu hanya untuk kami karya eidelweis almira serta relevansinya dengan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka profil pelajar pancasila / Bramasta</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat kembali isu pendidikan karakter di Indonesia. Ditengah banyak perbaruan pendidikan karakter dalam Kurikulum Merdeka Profil Pancasila namun masih banyak kabar negatif yang beredar berkaitan dengan karakter anak bangsa. Dalam penelitian ini menggunakan teori pendidikan terkenal dari barat milik Thomas Lickona. Tujuh nilai pendidikan karakter milik Lickona berhasil di temukan dalam karya antara lain ketulusan hati atau kejujuran belas kasih keberanian kasih sayang kontrol diri kerja sama dan kerja keras keseluruhan data berjumlah 41 bukti kutipan yang mengandung nilai pendidikan karakter. Dengan teknik deskriptif kualitatif peneliti berhasil mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Guru Hidupmu Hanya Untuk Kami karya Eidelweis Almira. Pada penelitian ini juga mendeskripsikan relevansi antara nilai pendidikan karakter Thomas Lickona dengan Profil Pelajar Pancasila. Ditemukan lima nilai yang saling memiliki kaitan yaitu kejujuran belas kasih kasih sayang kontrol diri kerja sama. Konsep pendidikan karakter milik Ki Hadjar Dewantara sebagai pencetus adanya nilai budi pekerti di Indonesia juga masih relevan dengan pendidikan karakter modern dalam kurikulum Merdeka Profil Pelajar Pancasila. Teori lama dan terbaru tersebut saling melengkapi dan mendukung demi keberhasilan tersampaikannya nilai pendidikan karakter bagi peserta didik. Sebagai pelengkap penelitian ini juga merelevansikan antara Profil Pelajar Pancasila dengan butir-butir pancasila.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308857

Actions (login required)

View Item View Item