Pribadianto, Edi Pribadianto (2021) Alih tutur dalam interaksi belajar mengajar bahasa indonesia di sma negeri 1 kandangan / Edi Pribadianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RANGKUMAN Pribadianto Edi. 2024. Alih Tutur dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kandangan. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Martutik M.Pd. Kata kunci alih tutur pasangan ujaran terdekat dan interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu dari berbagai macam pembelajaran yang dilaksanakan dalam satu unit pendidikan yaitu sekolah. Dalam pembalajaran Bahasa Indonesia terjadi berbagai kegiatan atau interaksi baik antara guru sebagai pihak pemberi ilmu dan murid sebagai pihak penerima ilmu dan juga interaksi dapat juga berupa murid sebagai pihak pemberi ilmu kepada guru dan guru sebagai penerima ilmu pertukaran peran tersebut merupakan pola alih tutur yang terjadi saat interaksi belajar mengajar. Pola alih tutur dapat terjadi dari pihak guru sebagai pembicara yang memberikan informasi pembelajaran dan murid sebagai pendengar dalam proses belajar mengajar yang menerima informasi dapat berganti peran saat interaksi belajar mengajar berlangsung. Interaksi belajar mengajar antara guru dan murid membuat peneliti tertarik untuk mendiskripsikan alih tutur dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini mendeskripsikan (l) pola alih tutur dalam interaksi belajar-mengajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kandangan dan (2) pasangan ujaran terdekat dalam interaksi belajar-mengajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kandangan. Penelitian ini menggunakan rancangan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan ini peneliti bertujuan untuk mendiskripsikan pola alih tutur dan pasangan ujaran terdekat dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia. Sehingga pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data penelitian berupa tuturan. Data penelitian berupa ujaran antara guru dan siswa yang terjadi dalam interaksi belajar mengajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 21 Maret 28 Maret dan 04 April 2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) merekam data percakapan (2) mentranskrip data ke dalam teks tulis (3) memilih dan menentukan data untuk dijadikan korpus data penelitian (4) mengidentifikasi data penelitian sesuai dengan masalah penelitian dan (5) mencatat data ke dalam tabel kodifikasi. Adapun analisis data dilakukan dengan langkah-langkah (1) reduksi datu (2) sajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian alih tutur dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kandangan ditemukan pola alih tutur dan pasangan ujaran terdekat yang ada pada interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Kandangan. Pertama pola alih tutur dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia dapat diklasifikasikan berdasarkan (1) cara memberikan giliran bicara dan (2) cara mengambil alih giliran bicara. Pertama cara memberikan giliran bicara meliputi (a) memanggil nama (b) mengajukan pertanyaan (c) memerintahkan mitra tutur untuk melanjutkan pembicaraan dan (d) memberikan kesempatan bicara kepada mitra tutur lain. Kedua cara mengambil alih giliran bicara meliputi (a) mengambil alih pembicaraan saat mitra tutur tidak memiliki topik pembicaraan (b) menciptakan sebuah topik sehingga mitra tutur merespons dan (c) mengajukan pertanyaan. Kedua pasangan ujaran terdekat dalam interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia ditemukan pasangan ujaran sebagai berikut (1) ucapan salam dibalas ucapan salam (2) panggilan dibalas jawab (3) tanya dijawab (4) menawari diterima (5) menawari menolak (6) salam pisah di balas salam jalan (7) menduduh mengakui (8) menduduh mengingkari (9) memohon mengambulkan dan (10) pujian diterima. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini disarankan kepada Pertama bagi guru untuk menambah tuturan stimulus agar murid dapat merespons dengan baik sehingga dapat memperkaya pola alih tutur dan pasangan ujaran terdekat yang terjadi saat interaksi belajar mengajar Bahasa Indonesia. Kedua bagi siswa untuk memperhatikan dan memahami tuturan stimulus guru agar dapat mengutarakan pendapat siswa sesuai dengan stimulus yang dituturkan oleh guru. Ketiga bagi peneliti lain yang ingin meneliti alih pola tutur dalam interaksi belajar mengajar penelitian ini masih dapat di kembangkan kembali. Peneliti bisa menambah nilai yang terkandung dalam pola alih tutur dan pasangan ujaran terdekat dalam interaksi belajar mengajar yang dapat diterapkan di kehidupan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/308849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |