Analisis perbedaan dan pengaruh profit margin terhadap market value: penerapan metode arus biaya persediaan fifo dan rata-rata tertimbang (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Egek Indonesia tahun 2007-2009) / Laibatul Maf'ula - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perbedaan dan pengaruh profit margin terhadap market value: penerapan metode arus biaya persediaan fifo dan rata-rata tertimbang (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Egek Indonesia tahun 2007-2009) / Laibatul Maf'ula

Maf'ula, Laibatul (2010) Analisis perbedaan dan pengaruh profit margin terhadap market value: penerapan metode arus biaya persediaan fifo dan rata-rata tertimbang (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Egek Indonesia tahun 2007-2009) / Laibatul Maf'ula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Profit Margin Market Value Metode Arus Biaya Persediaan FIFO dan Rata-rata Tertimbang. Tujuan utama perusahaan adalah mencapai profit yang optimal dalam memaksimumkan kemakmuran pemegang saham dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan serta untuk mengembangkan usahanya. Di dalam pencapaian tujuan perusahaan ada beberapa cara yang dapat ditempuh. Sehingga perusahaan mampu mendapatkan laba yang meningkat dan peningkatan laba tersebut memberi indikasi kenaikan nilai perusahaan yang tercermin dalam market value perusahaan. Berdasarkan informasi tersebut investor akan menentukan posisi tawarnya tentang nilai saham perusahaan. Untuk memenuhi keinginan para investor dalam kaitannya dengan market value perusahaan memilih metode arus biaya persediaan sehingga dalam memilih metode tersebut selayaknya berdampak pada tingkat return yang diharapkan investor. Sesuai dengan UU Perpajakan tahun 2000 pasal 10 ayat 6 mengenai Pajak Penghasilan disebutkan bahwa untuk tujuan perpajakan metode arus biaya persediaan yang diperbolehkan digunakan di Indonesia adalah metode rata-rata dan metode FIFO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi profit margin dan market value dengan penerapan metode arus biaya persediaan FIFO dan rata-rata tertimbang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Untuk menguji perbedaan profit margin dan market value pada perusahaan manufaktur yang menerapkan metode arus biaya persediaan FIFO dan rata-rata tertimbang dan untuk menguji pengaruh profit margin terhadap market value dengan penerapan metode arus biaya persediaan FIFO dan rata-rata tertimbang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2007-2009. Penggambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan manufaktur dengan kriteria tertentu. Periode pengamatan penelitian ini adalah selama 3 tahun yaitu tahun 2007 sampai 2009. Data penelitian ini adalah menggunakan data sekunder yaitu data yang sudah diolah. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan uji beda untuk menguji perbedaan profit margin dan market value pada perusahaan manufaktur yang menerapkan metode arus baiya persediaan FIFO dan rata-rata tertimbang. Dan menggunakan analisis regresi sederhana. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh profit margin terhadap market value. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara profit margin pada perusahaan yang menerapkan metode arus biaya persediaan FIFO dan rata-rata tertimbang. Tidak terdapat perbedaan antara market value pada perusahaan yang menerapkan metode arus biaya persediaan FIFO dan rata-rata tertimbang. tidak terdapat pengaruh yang signifikan profit margin terhadap market value perusahaan yang menerapkan metode arus biaya persediaan FIFO. Dan tidak terdapat pengaruh profit margin terhadap market value perusahaan yang menerapkan metode arus biaya persediaan rata-rata tertimbang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini maka disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memperbaiki penelitian dengan menggunakan variabel selain profit margin. Faktor lain yang mempengaruhi market value adalah Psikologi Investor (Investor Psikology) Inflasi (Inflation) Aktivitas Bisnis (Business Activity) dan Perubahan Struktural di Pasar (Structural Change in The Market). Bagi para investor hendaknya tidak hanya memperhatikan profit margin saja tetapi juga memperhatikan variabel lainnya yang telah disebutkan di atas. Selain itu Investor sebaiknya melakukan keputusan investasi dengan mempertimbangkan financial signaling dimana laba akuntansi perusahaan yang dilaporkan mungkin bukanlah cerminan yang tepat dari laba ekonomiknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30878

Actions (login required)

View Item View Item