Pengaruh persepsi konsumen tentang tayangan iklan di televisi terhadap keputusan pembelian shampo Sunsilk (studi pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi Kabupaten Malang) / Zainal Abidin F. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi konsumen tentang tayangan iklan di televisi terhadap keputusan pembelian shampo Sunsilk (studi pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi Kabupaten Malang) / Zainal Abidin F.

Abidin F, Zainal (2010) Pengaruh persepsi konsumen tentang tayangan iklan di televisi terhadap keputusan pembelian shampo Sunsilk (studi pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi Kabupaten Malang) / Zainal Abidin F. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Iklan di Televisi Keputusan Pembelian Dalam kegiatan pemasaran strategi komunikasi pemasaran yang baik adalah bagaimana perusahaan tersebut mampu menginformasikan dengan baik kepada publik khususnya pelanggan sasaran mengenai keberadaan produk mereka salah satu bentuk komunikasi pemasaran tersebut adalah periklanan dengan menggunakan media televisi. Penelitian ini dilakukan terhadap iklan shampo sunsilk yang merupakan salah satu dari bentuk komunikasi pemasaran yang paling berpengaruh dalam keputusan pembelian yang bertujuan memberikan informasi tentang produk yang diiklankan. Dalam melakukan periklanan manajer dihadapkan pada pemilihan media yang akan digunakan. Diantara beberapa media seperti surat kabar majalah radio media televisi merupakan media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan-pesan komerisal. Keunggulan tersebut diantaranya penayangan gambar gerak dan suara yang disajikan dalam suatu tayangan iklan. Biro iklan harus memperhatikan isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan agar pesan yang disampaikan dalam iklan sampai pada audiens dan mudah diingat sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Keputusan pembelian merupakan kegiatan konsumen dalam menjatuhkan keputusan membeli akibat dorongan kebutuhan keinginan motivasi dan pengaruh lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dimensi iklan di televisi mengetahui pengaruh dimensi di televisi secara parsial terhadap keputusan pemebelian konsumen shampo sunsilk mengetahui dimensi iklan di televisi secara simultan terhadap keputusan pemebelian konsumen shampo sunsilk dan mengetahui variabel dimensi iklan di televisi yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pemebelian konsumen shampo Sunsilk. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan model descriptive dan explanatory research sedangkan populasi yang digunakan adalah siswa-siswi madrasah aliyah negeri gondanglegi kabupaten malang yang pernah melakukan pembelian dan menggunakan shampo Sunsilk. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 78 responden yang dipilih secara proportional stratified random sampling. Dengan instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni Persepsi Konsumen tentang Tayangan iklan di televisi (X) yang terdiri dari variabel isi pesan (X1) srtuktur pesan (X2) format pesan (X3) dan sumber pesan (X4). Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel Keputusan Pembelian(Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel persepsi konsumen tentang tayangan iklan di televisi yang terdiri dari isi pesan (X1) sebesar 3 323 struktur pesan (X2) sebesar 2 084 format pesan (X3) sebesar 2 259 dan sumber pesan (X4) sebesar 2 309 secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen shampo Sunsilk pada siswa-siswi madrasah aliyah negeri gondanglegi kabupaten Malang dan juga terdapat pengaruh antara variabel persepsi tayangan iklan di televisi yang terdiri dari isi pesan (X1) srtuktur pesan (X2) format pesan (X3) dan sumber pesan (X4) sebesar 22 183 secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen shampo Sunsilk pada siswa-siswi madrasah aliyah negeri gondanglegi kabupaten Malang dan variabel isi pesan (X1) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen shampo Sunsilk pada siswa-siswi madrasah aliyah negeri gondanglegi kabupaten Malang. Nilai Adjusted R Square dalam penelitian ini sebesar 0 534 yang berarti bahwa 53 4% keputusan pembelian siswa-siswi madrasah aliyah negeri gondanglegi kabupaten Malang dipengaruhi oleh variabel tayangan iklan di televisi. Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa variabel tayangan iklan di televisi masih efektif digunakan sebagai sumber keberhasilan Unilever yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi Kabupaten Malang. Oleh karena itu perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap faktor-faktor dari persepsi tayangan iklan ditelevisi tersebut misalanya dengan iklan shampo sunsilk yang ada sekarang perusahaan meningkatkan variabel-variabel iklan tersebut isi pesan struktur pesan format pesan dan sumber pesan menjadi lebih menarik dari pada yang telah ada sekarang ini sehingga dampak yang diharapkan dari iklan tersebut dapat tercapai secara maksimal yakni dampak positif yang berupa keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30871

Actions (login required)

View Item View Item