Pengaruh persepsi asosiasi merek handphone Nokia terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pengguna HP Nokia di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung) / Ferdian Hartanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi asosiasi merek handphone Nokia terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pengguna HP Nokia di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung) / Ferdian Hartanto

Hartanto, Ferdian (2010) Pengaruh persepsi asosiasi merek handphone Nokia terhadap loyalitas pelanggan (studi pada pengguna HP Nokia di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung) / Ferdian Hartanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Asosiasi Merek Loyalitas Pelanggan. Persaingan di dunia bisnis yang semakin ketat membuat konsumen menjadi semakin berkuasa di pasar karena banyaknya variasi produk yang tersedia. Untuk menghadapi persaingan di pasar sangat penting bagi perusahaan mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan yaitu dengan menempatkan mereknya menjadi merek yang selalu dipilih konsumen. Merek yang baik dari sebuah produk akan mudah dikenal oleh konsumen karena manfaat serta kesan kualitas yang telah mereka tangkap. Asosiasi-asosiasi merek yang dipersepsikan dengan baik akan membuat konsumen mengingat maupun memilih untuk membeli produk tersebut. Berbicara tentang bisnis dan persaingan tidak terlepas dari pelanggan yang merupakan kunci keberhasilan perusahaan. Karena perusahaan tidak berarti tanpa pelanggan. Jadi sekarang perusahaan harus mulai berkonsentrasi pada loyalitas pelanggan. Karena tidak ada jaminan bahwa pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi asosiasi merek Handphone Nokia loyalitas pelanggan Handphone Nokia variabel-variabel asosiasi merek yang berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan serta untuk mengetahui varibel asosiasi merek mana yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive research dan explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan keadaan di lapangan dari objek yang diteliti serta menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis pada data yang sama. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) terdiri dari sub variabel jenis-jenis asosiasi merek (X1) dukungan asosiasi merek (X2) kekuatan asosiasi merek (X3) keunikan asosiasi merek (X4) dan periklanan (X5) sedangkan variabel terikat (Y) adalah loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung pengguna Handphone Nokia. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keadaan asosiasi merek (X) dan keadaan loyalitas pelanggan (Y) di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung terhadap Handphone Nokia secara umum dipersepsikan tinggi oleh pegawai (2) secara simultan ke-5 variabel asosiasi merek (X) yang terdiri dari jenis-jenis asosiasi merek (X1) dukungan asosiasi merek (X2) kekuatan asosiasi merek (X3) keunikan asosiasi merek (X4) dan periklanan (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Secara parsial variabel jenis-jenis asosiasi merek (X1) dukungan asosiasi merek (X2) kekuatan asosiasi merek (X3) keunikan asosiasi merek (X4) dan periklanan (X5) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah dengan memberikan pelayanan atau service yang baik memberikan garansi serta terus mengiklankan Handphone Nokia lewat berbagai media dimungkinkan hal ini akan menambah rasa loyal pelanggan untuk menggunakan Handphone Nokia lebih lama lagi. Dan tidak menutup kemungkinan mereka yang tidak menggunakan Handphone Nokia akan beralih dan melakukan pembelian ulang. Penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam rangka menentukan kebijakan yang akan diambil pada waktu mendatang agar dapat meningkatkan persepsi asosiasi merek Handphone Nokia dan loyalitas pelanggan pengguna Handphone Nokia. Penelitian lanjutan perlu dilakukan dengan memperluas variabel yang diteliti maupun pengembangan indikator serta item lain yang diduga juga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini masih bersifat lokal artinya hasil penelitian dan kesimpulan ini hanya berlaku untuk populasi pegawai Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tulungagung dan belum dapat berlaku untuk umum. Sehingga ruang lingkupnya perlu diperluas lagi. Sehingga untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah wilayah penelitian sehingga hasil kesimpulan dari penelitian dapat lebih mewakili (representative) secara umum (general).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/30870

Actions (login required)

View Item View Item