Pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung di SMK Islam 1 Blitar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung di SMK Islam 1 Blitar

Ramadhani, Firman (2022) Pengembangan e-modul berbasis project based learning pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung di SMK Islam 1 Blitar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang ada di SMK Islam 1 Blitar dalam pemanfaatan pembelajaran untuk menunjang kompetensi siswa. Dalam peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas serta tingkatkan mutu siswa, dibutuhkan media pembelajaran yang efektif guna mengoptimalkan aktivitas belajar. Pemanfaatan media pembelajaran untuk merangsang peserta didik dapat diperoleh dari bahan ajar yang bisa dalam bentuk cetak maupun non cetak. Perkembangan teknologi menyebar dengan cepat termasuk dalam dunia pembelajaran diantaranya perkembangan teknologi modul elektronik atau bisa disebut sebagai E-module. Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan interaktif yang di dalamnya terdapat unsur Audio, video dan juga gambar dapat menjadi alat bantu bagi siswa memahami materi. Riset ini bermaksud buat menciptakan produk media pembelajaran berupa e-modul model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk anak didik kelas XI DPIB SMK Islam 1 Blitar tahun ajaran 2021/2022 pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Riset ini adalah riset pengembangan yang dalam pelaksanaannya mengaplikasikan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan meliputi, 1) Analisis; 2) Design; 2) Development; 4) Implementation dan; 5) Evaluation. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa E-Module berbentuk Flip PDF. Guna mengukur kelayakan e-modul berbasis project-based learning tersebut, peneliti melakukan validasi dari ahli dan respon dari siswa kelas XI DPIB SMK Islam 1 Blitar. Adapun hasil validasi ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa e-modul berbasis Project Based Learning (PjBL) ini secara keseluruhan aspek sangat baik dan layak diaplikasikan kepada siswa dengan nilai sebanyak 96,25% berdasarkan validasi media dan nilai sebanyak 96,25% berdasarkan analisis hasil validasi ahli materi. Hasil penelitian dari lembar angket kepada siswa kelas XI DPIB SMK Islam 1 Blitar tahun 2021/2022 menyatakan bahwa E-modul berbasis project based learning ini layak dengan hasil nilai sebanyak 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 26 Jul 2023 00:19
Last Modified: 26 Jul 2023 00:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item