Kontribusi sekolah dalam memfasilitasi transisi ke kehidupan dewasa bagi siswa dengan hambatan intelektual / Irdina Uzma Azarine Hadi Elfahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi sekolah dalam memfasilitasi transisi ke kehidupan dewasa bagi siswa dengan hambatan intelektual / Irdina Uzma Azarine Hadi Elfahmi

Elfahmi, Irdina Uzma Azarine Hadi Elfahmi (2024) Kontribusi sekolah dalam memfasilitasi transisi ke kehidupan dewasa bagi siswa dengan hambatan intelektual / Irdina Uzma Azarine Hadi Elfahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai macam bentuk kontribusi yang dilakukan sekolah untuk memfasilitasi transisi ke kehidupan dewasa bagi siswa dengan hambatan intelektual. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode yang digunakan yaitu metode perbandingan tetap (constant comparative method). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi dan dokumentasi yang kemudian dilakukan validitas dengan menguji keabsahan data dengan teknik tringulasi dan member check. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut (1) sekolah sudah melakukan kontribusi dalam memfasilitasi transisi ke kehidupan dewasa bagi siswa dengan hambatan intelektual dengan pemberian program pengembangan diri yang terbukti mampu meningkatkan kemampuan adaptif siswa agar mereka mampu menjadi mandiri dan tidak bergantung pada orang lain setelah kelulusannya dari bangku sekolah. Kedua memberikan program pembiasaan literasi yang terbukti dapat menambah pengetahuan siswa dengan mendengarkan literasi pagi dan membaca sederhana pada mading sekolah dan yang terakhir pemberian program keterampilan vokasional terbukti mampu meningkatkan kreatifitas minat dan bakat siswa serta sebagai bekal kemandirian siswa di masyarakat. (2) Pelaksanaan program yang dibuat sekolah sudah sesuai dengan kurikulum serta pedoman yang ada. (3) faktor pendukung pelaksanaan program meliputi penyediaan sarana dan prasarana tenaga pendidik yang berkualitas dan melakukan kerjasama dengan pihak luar. (4) Faktor penghambat pelaksanaan kontribusi sekolah dalam memfasilitasi transisi ke kehidupan dewasa bagi siswa dengan hambatan intelektual yang dihadapi yaitu kurangnya tenaga pendidik karakteristik siswa tunagrahita sarana dan prasarana yang belum maksimal tidak adanya dukungan orang tua dan pengadaan perlombaan yang belum terbagi berdasarkan hambatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308624

Actions (login required)

View Item View Item