Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila tema kewirausahaan siswa tunagrahita (studi kasus di slb putra jaya kota malang) / Devi Shinta Iriana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila tema kewirausahaan siswa tunagrahita (studi kasus di slb putra jaya kota malang) / Devi Shinta Iriana Putri

Putri, Devi Shinta Iriana Putri (2024) Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila tema kewirausahaan siswa tunagrahita (studi kasus di slb putra jaya kota malang) / Devi Shinta Iriana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

P5 merupakan pembelajaran berbasis projek yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek biasanya. Tujuan P5 ini berfokus pada penguatan dimensi profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakteristik siswa tunagrahita sesuai dengan pelajar sepanjang hayat dan berjiwa Pancasila. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi prinsip-prinsip P5 pada siswa tunagrahita (2) mengidentifikasi persiapan ekosistem dalam implementasi P5 tema kewirausahaan pada siswa tunagrahita (3) mendeskripsikan desain P5 tema kewirausahaan pada siswa tunagrahita (4) memaparkan evaluasi dan tindak lanjut dari implementasi P5 tema kewirausahaan pada siswa tunagrahita. Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pemilihan metode berdasarkan pada kebutuhan penelitian agar dapat menggambarkan kondisi dilapangan secara alami. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Validitas dilakukan dengan menguji kredibilitas data dengan teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi prinsip P5 pada siswa tunagrahita meliputi prinsip holistik dengan mengidentifikasi permasalahan yang dialami siswa dengan kehidupan sehari-harinya prinsip kontekstual berdasarkan pada pengalaman nyata siswa prinsip berpusat pada siswa dan prinsip eksploratif dilihat dari perilaku dan sikap yang ditampakkan dalam kegiatan pembelajaran dibidang tata boga (2) persiapan ekosistem SLB dalam implementasi P5 meliputi pengembangan budaya pemahaman peran pendidik orang tua dan masyarakat serta dorongan kapasitas para pendidik (3) dimensi P5 mencakup alur perencanaan terdiri dari 6 alur perencanaan (4) evaluasi dan tindak lanjut P5 berfokus pada proses bukan hasil dan tindak lanjut atau keberlanjutan P5 sekolah menjalin kerja sama dengan pihak mitra di luar satuan pendidikan. Saran-saran yang dapat penulis berikan diantaranya yaitu sekolah dan seluruh guru SLB Putra Jaya dapat mendukung implementasi P5 dengan tema-tema lain yang sesuai dengan potensi dan kemampuan siswa dan implementasi P5 diharapkan diberikan pada seluruh siswa berkebutuhan khusus dengan berbagai hambatan sesuai dengan kebutuhan dan potensinya. Dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan melakukan kajian yang sama agar dapat mengembangkan dan memfokuskan tujuan penelitian yang berkaitan dengan implementasi P5 bagi siswa tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/308617

Actions (login required)

View Item View Item